Pengertian Hukum Materil dan Hukum Formil

Ilustrasi

Pengertian Hukum Materil adalah menerangkan perbuatan-perbuatan apa yang dapat dihukum serta hukuman-hukuman apa yang dapat dijatuhkan. Hukum materil menentukan isi sesuatu perjanjian, sesuatu perhubungan atau sesuatu perbuatan.Dalam pengertian hukum materil perhatian ditujukan kepada isi peraturan.

Sedangkan pengertian Hukum Formil menunjukkan cara mempertahankan atau menjalankan peraturan-peraturan itu dan dalam perselisihan maka hukum formil itu menunjukkan cara menyelesaikan di muka hakim.

Hukum formil disebut pula hukum Acaara. Dalam pengertian hukum formil perhatian ditujukan kepada cara mempertahankan/ melaksanakan isi peraturan.

Secara yuridis sumber hukum terediri dari sumber hukum formal dan materil:

  • Sumber hukum Materil ialah sumber hukum yang dilihat dari segi isinya, misalnya : KUHP segi materilnya adalah pidana umum, kejahatan dan pelanggaran. KUHPerdata mengatur masalah orang sebagai subjek hukum, benda sebagai objek, perikatan, perjanjian, pembuktian dan daluarsa.
  • Sumber hukum Formil : sumber hukum yang dilihat dari segi yuridis dalam arti formil.yaitu:UU, Kebiasaan, Traktat, Yurisprudensi, Doktrin.

========

Disarikan dari buku: . Hukum Perdata, Achmad Ichsan (1967)

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda