Mengenal “Hukum Robot”

robotTiga Hukum Robot (bahasa Inggris: Three Laws of Robotics) dalam genre cerita fiksi ilmiah adalah tiga buah peraturan yang ditulis oleh Isaac Asimov, yang harus dipatuhi oleh hampir semua robot-robot positroniknya, yang terdapat dalam karya-karya cerita fiksinya. Meskipun dalam berbagai cerita sebelumnya pernah disebutkan secara selintas, Tiga Hukum Robot pertama kali diperkenalkan secara lengkap pada tahun 1942 dalam cerita pendek “Runaround”, yang menyatakan sebagai berikut:

  1. Robot tidak boleh melukai manusia, atau dengan berdiam diri, membiarkan manusia menjadi celaka.
  2. Robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh manusia kecuali bila perintah tersebut bertentangan dengan Hukum Pertama.
  3. Robot harus melindungi keberadaan dirinya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan Hukum Pertama atau Hukum Kedua.

Menurut Kamus Bahasa Inggris Oxford, bagian pertama cerita pendek Asimov “Liar!” (1941) yang menyebut Hukum Pertama tercatat sebagai yang pertama kali menggunakan kata bahasa Inggris robotics (robotika). Asimov mula-mula tidak menyadari hal ini; ia mengasumsikan bahwa kata tersebut sudah digunakan karena merupakan analogi terhadap kata-kata mechanics (mekanika), hydraulics (hidrolika), dan istilah sejenis lainnya yang menunjukkan cabang-cabang ilmu terapan.

Tiga Hukum Robot adalah prinsip yang mengatur dan menyatukan tema bagi karya-karya fiksi Asimov, yang muncul dalam seri Robot dan cerita-cerita lain yang berhubungan dengannya, serta pada seri Lucky Starr yang merupakan sastra fiksi remaja yang berorientasi sains. Para pengarang lain yang mengarang dengan kerangka semesta fiksi Asimov juga telah mengadopsi hukum-hukum tersebut, dan referensi (kadang-kadang berupa parodi) muncul pula dalam karya-karya fiksi ilmiah ataupun pada genre karangan lainnya.

——–

Sumber: Wikipedia

Editor: Maestro Sihaloho

ARTIKEL TERKAIT

One Thought to “Mengenal “Hukum Robot””

  1. leo

    Saya tertarik dengan artikel yang anda buat mengenai ” Mengenal “Hukum Robot” ” .
    Saya mempunyai tulisan yang sejenis dan mungkin bisa menjadi referensi tulisan anda selanjutnya yang dapat anda kunjungi di Robotika

Komentar Anda