Kembali Operasi 21 Juli, BI Sumut Catat Penarikan Uang Capai Rp 2,5 Triliun

KABARHUKUM-Medan – Sambut Idul Fitri 1436 H, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan tutup mulai 15 Juli hingga 20 Juli 2015. Data BI menyebutkan, hingga 9 Juli 2015 kemarin, uang yang ditarik bank sudah mencapai Rp2,59 triliun, di luar uang pecahan kecil (UPK).

DuitBI akan kembali beroperasi pada 21 Juli 2015. “Saat beroperasi, BI hanya akan melayani kas, kliring serta RTGS. Sedangkan moneter tidak buka. BI hanya melayani kliring dan RTGS, karena pada tanggal itu sudah ada bank yang beroperasi,” kata Kepala BI Sumut Difi Ahmad Johansyah di Medan, Selasa (14/7/2015).

Difi mengatakan, menjelang libur Lebaran, bank-bank yang beroperasi di Sumut sudah melakukan penarikan uang dari BI, terutama untuk memenuhi ketersediaan uang di ATM.

“Masih akan ada penarikan uang oleh bank, terutama memenuhi kebutuhan ATM,” katanya.

Difi menjelaskan, penarikan uang dalam jumlah besar untuk memenuhi ATM dan kebutuhan kantor cabang selalu terjadi ada H-3 lebaran.

“Selama lebaran tahun ini, jumlah uang beredar di Medan diperkirakan naik 12% menjadi Rp4,2 triliun dibandingkan outflow 2014 senilai Rp3,75 triliun,” pungkasnya. (*)

 

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda