Syaiful Bahri Lubis Ditunjuk Sebagai Plt Walikota Medan

KABARHUKUM-Medan | Akhirnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Syaiful Bahri Lubis ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Medan. Penunjukan itu disebabkan Walikota Medan Drs T Dzulmi Eldin mencalonkan diri dalam Pilkada mendatang.

Syaiful Bahri Lubis (tengah) dan HT Erry Nuradi (kanan)
Syaiful Bahri Lubis (tengah) dan HT Erry Nuradi (kanan)

Surat Telegram Rahasia (TR) Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang penunjukan itu diserahkan oleh Wagubsu HT Erry Nuradi pada Senin (27/7/2015) di lantai sembilan Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan. Telegram Rahasia nomor: TR.131.12/2032/OTDA yang ditandatangi Dirjen Otda Kemendagri, Sumarsono, tertanggal 24 Juli 2015 yang berisi sejumlah poin demi keberlangsungan roda pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

“Dirjen Otda Kemendagri meminta Sekda Medan untuk melaksanakan tugas Wali Kota Medan sehari-hari mulai 27 Juli 2015 hingga adanya kebijakan pemerintah lebih lanjut. Tujuannya untuk menghindari kekosongan pimpinan penyelenggaraan Pemerintah Kota Medan,” ujar Erry.

Erry juga mengatakan, dalam melaksanakan tugas dan kewenangan, Plh Wali Kota Medan hanya menjalankan tugas rutin. Sedangkan hal yang bersifat strategis harus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. “Jadi tidak ada kekosongan pimpinan di Pemko Medan. Semua tetap berjalan, sambil menunggu keputusan berikutnya, tegas Erry.

Dalam kesempatan tersebut, Erry belum dapat memastikan penetapan Pejabat (Pj) Pemko Medan. “Selayaknya, Pemprov Sumut sudah mengusulkan sejumlah nama untuk menjadi Pejabat Wali Kota Medan,” tambah Erry.

Erry menyatakan akan berkoordinasi dengan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho mengapa pengusulan Pj Wali Kota Medan belum dilakukan hingga kini, pasca berakhirnya masa jabatan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. “Saya harus berkoordinasi lebih dulu dengan gubernur,” katanya. (*)

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda