Hingga Sore Tadi, Sebanyak 1.225 Visa Jemaah Haji Asal Sumut Belum Selesai

Jemaah haji asal Indonesia (foto: zulnaalqudsy-batampos)

KABARHUKUM-Medan | Masalah klasik penyelenggaraan haji di Indonesia terus muncul setiap tahun. Di Sumut, dari total jumlah 6.588 jemaah jemaah haji, sebanyak 1.225 visanya belum juga diselesaikan oleh Kementerian Agama RI dari Kedutaan Arab Saudi di Jakarta. Bahkan, 14 orang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Medan terancam tak berangkat pada Jumat (21/8/2015) besok.

Jemaah haji asal Indonesia (foto: zulnaalqudsy-batampos)
Jemaah haji asal Indonesia
(foto: ilustrasi/zulnaalqudsy-batampos)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kanwil Kemenag Provsu), Tohar Bayo Angin mengungkapkan hal tersebut. “Visa tinggal 1.225 orang. Diusahakan siap malam ini juga,” kata Tohar Bayo Angin saat dihubungi Kamis (20/8/2015) sore ini.

Sementara itu, Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Drs Bahrum Saleh, pada Kamis (20/8) menambahkan, untuk Kloter I yang akan berangkat besok, ada 14 jemaah yang visanya belum selesai. Dari 14 orang tersebut, di antara terdapat 5 petugas dan 2 orang jemaah asal Kota Medan. “Untuk kloter I ada 14 visa yang belum selesai,” kata Bahrum.

Bahrum menyebutkan, bila 14 visa itu belum selesai malam ini, maka dipastikan pemberangkatan 14 orang tersebut ditunda dan akan diberangkatkan dengan bergabung dalam kloter selanjutnya. “Kalau belum siap ya ditunda. Jika selesai besok atau malam ini, 14 orang itu bisa bergabung dalam kloter II. Akan tetapi, harus mendapatkan konfirmasi lagi ke otorita penerbangan,” terang Bahrum.

Menurut Bahrum, visa merupakan urusan Kedutaan Arab Saudi di Jakarta dan bukan di Kementerian Agama RI. “Paspor untuk embarkasi Medan sebanyak 6.588 sudah diserahkan sebelum puasa. Masalah visa ini menimpa se-Indonesia. Tapi, kita harapkan untuk visa sudah selesai malam ini,” ujarnya.(*)


laporan: Draza Putra

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda