Kerjasama Lantas dengan Unimed, Dirlantas Polda Sumut Harap Jadi Contoh Bagi Kampus dan Kota Lain

Pengendara roda di kampus Unimed. (foto: dhabit barkah siregar-kabarhukum.com)

KABARHUKUM-Medan | Tertib lalu lintas dan berkendara aman, merupakan perilaku masyarakat yang masih tergolong minim di kota-kota besar di Indonesia. Apalagi kota dengan penyumbang kemacetan besar, sudah bisa ditebak jika kota itu memiliki kondisi lalu lintas nan semrawut.

Pengendara roda di kampus Unimed.  (foto: dhabit barkah siregar-kabarhukum.com)
Pengendara roda di kampus Unimed.
(foto: dhabit barkah siregar-kabarhukum.com)

Untuk menghindari hal di atas, atau paling tidak memperkecilnya, Unimed akan menerapkan tata cara berkendara aman serta menjadikan contoh bagi masyarakat Medan untuk belajar tertib lalu lintas.

Berhubungan dengan perihal di atas, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumut, Kombes Pol Refdi Andri membenarkan kerja sama antar pihak internal kampus maupun eksternal. Dikatakannya, mereka akan mendidik SDM yang tersedia dan diharapkan mampu mengikuti program yang akan dimulai Oktober mendatang.

Ditlantas Polda Sumut mengaku program ini tidak akan sepenuhnya berjalan bila tanpa ada pihak lain yang ikut serta. Karenanya, Ditlantas Polda Sumut berkoordinasi dengan pihak lain seperti Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja.

“Bukan hanya orangnya saja. Tetapi nanti manajemennya kita benarin, markahnya juga kita pasang. Jadi bukan hanya manusianya saja, tetapi juga sarana dan prasarananya,” terang Refdi, Kamis (20/8/2015) malam kemarin.

Untuk menerapkannya, sambung Refdi, Ditlantas Polda Sumut akan melakukan pemetaan serta memantau kondisi lalu lintas di dalam, maupun di luar kampus agar bisa menyesuaikan dengan konsep berkendara yang baik. Hal tersebut, juga dapat mengetahui seberapa baik pihak kampus dalam mengelola tertib berlalulintas.

“Ya kalau kita mau melihat itu secara keseluruhan, kita harus maping (pemetaan) dulu. Lalu kita lihat keadaan-keadaan lingkungannya. Harus kita lihat suasana lalu lintasnya,” jelasnya.

Sebelumnya, Unimed melalui Kabid Humas Muhammad Surip mengatakan hal tersebut. Dirinya mengaku program ini menjadi yang pertama diterapkan di Indonesia, dan diharap mampu menjadi contoh bagi kampus maupun kota lain untuk mengikuti jejak.

“Ini program baru ya. Baru program inilah yang pertama dibuat, kerja sama Unimed dengan Polda (Sumut). Unimed akan dijadikan kampus pelopor tertib berlalulintas. Program pertama di seluruh Indonesia,” terang Kabid Humas Unimed, Muhammad Surip di Kantornya di Gedung Administrasi Unimed, di Jl Wiliem Iskandar Pasar V, Medan, Kamis (20/8/2015) siang. (*)


laporan: dhabit barkah siregar

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda