Iklan Pilkada di Media Massa Ditender, Ketua KPU Medan Lupa Nilai Anggarannya

Yenni Chairiyah Rambe, Ketua KPU Medan. (Foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)

KABARHUKUM-Medan | Pilkada Medan sebentar lagi akan diselenggarakan. Para pasangan calon sudah menyerahkan daftar wilayah kampanye mereka masing-masing di Kantor KPU Medan. Namun, kampanye kali ini tak seleluasa pada pilkada sebelumnya. Pasalnya, KPU telah membatasi kampanye dalam bentuk iklan di media massa dan bila melanggar ketentuan disebut bentuk pelanggaran. Sanksinya, pasangan calon bisa diperingatkan hingga dibatalkan pencalonannya. Media yang akan diberikan wewenang menjadi wadah kampanye sepenuhnya menjadi tanggung jawab KPU, dan akan dipilih secara lelang (tender) oleh KPU Medan.

Yenny Chairiyah Rambe, Ketua KPU Medan.  (Foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)
Yenni Chairiyah Rambe, Ketua KPU Medan.
(Foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)

Kepada kabarhukum.com, Ketua KPU Medan, Yenni Khairiah Rambe pada Rabu (26/87/2015) sore tadi mengatakan, pihaknya telah mengkonfirmasi kedua pasangan calon mengenai aturan kampanye. Adapun aturan kampanye melalui media cetak, tv maupun elektronik semuanya menjadi kewenangan KPU untuk mengajukan iklan tersebut ke media yang akan menjadi wadah kampanye.

“Iklan kampanye melalui media cetak maupun elektronik itu ‘kan kewenangannya KPU. Jadi kalau ada calon yang melakukan iklan di luar ketentuannya, itu bisa dikenakan sanksi. Kalau dia nanti sudah melebihi 1×24 jam memasang iklan di media cetak maupun elektronik, itu bisa dikenakan sanksi pembatalan calon,” ungkap Yenni di Lantai II Gedung KPU Medan di Jl Kejaksaan No 37, Medan, Rabu (26/8/2015) sore.

Namun, dirinya belum bisa mengungkap dan sempat berkilah soal jumlah anggaran pemasangan iklan kampanye. “Enggak, enggak ingat saya. Kalau ditanya satu-satu itemnya saya enggak ingat. Karena itu ‘kan besar jumlahnya, seperti pencetakan alat peraga kampanye, kemudian bahan kampanye itu kan harus melalui lelang,” tandasnya.  (*)


laporan: Dhabit Barkah Siregar

ARTIKEL TERKAIT

One Thought to “Iklan Pilkada di Media Massa Ditender, Ketua KPU Medan Lupa Nilai Anggarannya”

  1. […] Yenni saat diwawancara di kantornya kemarin, Yenni mengatakan kampanye pasangan calon melalui media massa dan alat peraga seperti baliho, […]

Komentar Anda