Laporan #Haji2015: Minum Susu Unta di Madinah, Penambah Daya Tahan Tubuh Jemaah

KABARHUKUM-Madinah | Unta kadang diidentikkan dengan Timur Tengah. Tak berlebihan memang. Di negeri padang pasir, jenis hewan ini memang di antara yang paling punya daya tahan kuat untuk hidup. Ketika kita mengunjungi Madinah, maka hewan ini akan cepat akrab di mata kita. Kita pun dapat pergi ke peternakannya.

Penjual susu unta di peternakan Unta di dekat Jabal Magnet, Madinah.  (Foto: Muja HD - kabarhukum.com)
Penjual susu unta di peternakan Unta di dekat Jabal Magnet, Madinah.
(Foto: Muja HD – kabarhukum.com)

Nah, pasca reporter kabarhukum.com mengunjungi jabal magnet, maka akan sayang dilewatkan kalau tidak menyempatkan diri untuk singgah sebentar minum susu unta langsung dari pertenakannya.

Lokasi pertenakan ini tidak jauh dari jabal magnet. Tepatnya berada di kawasan Ridan. Harga satu botol susu ini relatif murah, hanya lima riyal atau kurang dari Rp 20.000 (dengan kurs Rp 3.759).

Banyak manfaat yang bisa diraih dari meminum susu unta ini setidaknya bisa menambah daya tahan tubuh dan menyauhkan berbagai penyakit yang di antaranya adalah penyakit diabetes dan jantung.

Seperti dikethui, susu unta telah menjadi budaya dan penunjang hidup Suku Badui nomaden di kawasan timur tengah sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan, susu unta merupakan makanan pokok Suku Badui. Para penggembala unta dapat hidup dengan hanya meminum susu unta ketika menggembalakan unta dalam waktu dan jarak yang panjang untuk mencari lokasi penggembalaan di padang pasir.

Peternakan unta menjadi alternatif dalam menghasilkan susu di wilayah kering di mana ruminansia dan kuda yang membutuhkan banyak air tidak dapat hidup. Peternakan unta membudidayakan varietas unta yang sudah beradaptasi dengan baik di wilayah kering, yang dapat hidup dengan memakan tumbuhan bergaram di wilayah kering.

Suku Badui juga percaya susu unta memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Susu unta memiliki kandungan vitamin, mineral, dan imunoglobin yang tinggi. Susu unta juga mengandung laktosa 4.46 gram per 100 gram susu, yang lebih rendah dibandingkan susu sapi yang memiliki 5.26 gram per 100 gram. Kandungan berbagai mineral seperti kalium, magnesium, besi, tembaga, mangan, natrium, dan seng lebih tinggi pada susu unta dibandingkan pada susu sapi.

Jadi, kalau Anda berkesempatan ke Madinah, jangan lupa minum susu unta. (*)


laporan: Muja HD

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda