Laporan #Haji2015: Pertemuan Internasional Islam, Nigeria Berangkatkan 66 Ribu Jemaah

KABARHUKUM-Jeddah | Musim haji akan menjadi pertemuan internasional bagi seluruh umat muslim di dunia. Tidak ada batasan dan tidak ada pula diskriminasi. Dari benua Afrika, dilaporkan, sebanyak 66 ribu warga Nigeria akan melakukan haji tahun ini. Demikian disampaikan Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON). Disebutkan, kelompok pertama dari Nigeria berjumlah 300 orang. “Penerbangan pertama yang lepas landas dari bandara internasional Kaduna dilakukan jamaah dari daerah Jemaa dan Kajuru,” kata sumber dari Kedutaan Nigeria di Arab Saudi, Kamis (27/8/2015).

Umat muslim Nigeria melakukan manasik haji di Lagos, Nigeria. (foto:scannewsnigeria)
Umat muslim Nigeria melakukan manasik haji di Lagos, Nigeria.
(foto:scannewsnigeria)

Ketua NAHCON, Abdullahi Muhammad Muktar, mengatakan, semua jamaah Nigeria akan berada di negara itu pada 17 September. “Akan ada enam penerbangan yang membawa 66.000 jamaah Nigeria ke dua kota suci Makkah dan Madinah melalui 13 pesawat,” katanya.

Dia mengatakan tidak akan ada tenda VIP dan semua pejabat NAHCON akan tinggal dengan peziarah. Misi Nigeria di Inggris, bekerja sama dengan NAHCON itu, telah membuat pengaturan yang komprehensif untuk memastikan bahwa jamaah mereka tidak akan mengalami pengurusan visa dan administrasi haji tahun ini.

NAHCON sendiri telah menutup kantor mereka di Jeddah dan mengalihkan kantor dan pejabatnya di Makkah dan Madinah untuk memastikan kelancaran haji bagi warga negaranya.

Di Nigeria, pemerintah setempat membentuk NAHCON untuk mengurusi haji warganya. Warga Nigeria membayar ke NAHCON untuk segala urusan haji. Pemerintah Nigeria juga telah membentuk sebuah komite koordinasi untuk mengawasi haji tahun ini. (*)


sumber: arabnews
editor: Nirwan SP

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda