Walhi Minta Pemerintah Segera Tangani Kasus Register 40

KABARHUKUM-Medan | Pemerintah diminta untuk menyampaikan perkembangan proses penyelesaian kasus hutan register 40 yang selama ini dikuasai pengusaha DL Sitorus. Apalagi, pihak Kejaksaan Agung pernah menyatakan dalam waktu dekat akan mengeksekusi lahan sawit tersebut.

Register 40
Register 40

Menurut Direktur Wahana Lingkungan Hidup Sumatra Utara (Walhi Sumut), Kusnadi Oldani, menyampaikan permintaan tersebut karena memang untuk kasus ini harus ada proses percepatan.

“Tentunya karena prosesnya sudah berjalan. Hanya percepatan proses tadi untuk menjawab pendapat tadi. Untuk itu, pemerintah harus membuka ke publik, sampai di mana proses tadi,” kata Kusnadi.

Lanjutnya, selain pemerintah, pihak-pihak terkait harus juga menjelaskan apa saja yang sudah dilakukan dan bagaimana pola penyelesaiannya agar tidak menuai kecurigaan.

Seperti diketahui, Kejaksaan Agung dalam waktu dekat akan mengeksekusi lahan sawit di atas hutan kawasan register 40 yang selama ini dikuasai pengusaha DL Sitorus. Langkah tersebut dilakukan setelah sebelumnya sejumlah pihak mulai dari Menteri Kehutanan, Kapolda Sumut, Pangdam I/BB, Pemerintah Provinsi Sumut, dan perwakilan dari Kejaksaan Agung, membahas langkah eksekusi di gedung KPK, pekan lalu.(*)


 

Editor: Ki Andang

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda