Soal Iklan Kampanye dan Alat Peraga, Ketua KPU Medan: Itu Tanggung Jawab Sekretariat

Yenni Chairiyah Rambe, Ketua KPU Medan. (Foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)

KABARHUKUM-Medan | Masa kampanye bagi pasangan calon walikota Medan sudah berjalan sejak kemarin Kamis (27/8/2015) hingga Desember nanti. Berbeda dengan kemarin-kemarin, kini pasangan calon tidak lagi harus harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk mengkampanyekan dirinya dengan alat peraga maupun iklan di media massa.

Yenni Chairiyah Rambe, Ketua KPU Medan.  (Foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)
Yenni Chairiyah Rambe, Ketua KPU Medan.
(Foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)

Anggaran untuk sosialisasi ini pun diletakkan ke anggaran negara. Nah, menariknya, pihak KPU Medan cenderung tertutup mengenai proses pemilihan atau tender perusahaan percetakan yang memenangkan proyek iklan ini.

Ketua KPU Medan, Yenni Chairiah Rambe ketika ditanya kabarhukum.com pada Jum’at (28/8/2015) tadi, mengatakan, dirinya tidak mengetahui secara detail akan proser tadi. Hal tersebut juga bukan menjadi tanggung jawabnya. Lucunya, Yenni melempar pertanyaan kabarhukum.com kepada sekretarisnya, Maskuri SH.

“Iya, kalau itu kan ada panitianya sendiri. Kalau mau tanya itu ke sekretariat, lebih tepat di sekretariat. Aku hanya mengerti sekelumit, karena itu tanggung jawabnya sekretariat,” ujarnya saat wawancara di ruangannya, di Kantor KPU Medan Jl Kejaksaan No 37, Medan, Jum’at (28/8/2015) sore.

Sebelumnya, Yenni saat diwawancara di kantornya kemarin, Yenni mengatakan kampanye pasangan calon melalui media massa dan alat peraga seperti baliho, menjadi kewenangan KPU dan akan dipilih secara tender untuk perusahaan yang akan mendapatkan proyek iklan itu. Anggaran untuk dibebankan ke anggaran negara melalui APBD.

Pihak Panwaslu Medan pun ketika dikonformasi kabarhukum.com, mengaku tidak tahu-menahu soal ini. Mereka mengatakan, tanggung jawab soal itu ada pada KPU karena itu persoalan teknis kerja KPU Medan. (*)


laporan: Dhabit Barkah Siregar
editor: Nirwan SP

ARTIKEL TERKAIT

2 Thoughts to “Soal Iklan Kampanye dan Alat Peraga, Ketua KPU Medan: Itu Tanggung Jawab Sekretariat”

  1. […] Misalnya, pada sebelumnya, ketika Ketua KPU Medan, Yenni Chairiyah Rambe ditanyakan masalah ini pada Jumat (28/8/2015) sore, Yenni melempar tanggungjawab itu kepada pihak sekretariat KPU Medan. (baca: Soal Iklan Kampanye dan Alat Peraga, Ketua KPU Medan: Itu Tanggung Jawab Sekretariat). […]

  2. […] Untuk diketahui, Ketua KPU Medan, Yenni Chairiyah Rambe, sendiri pun tak memberikan keterangan pasti soal ini. Dia justru menyatakan kalau pihak sekretaris yang tahu soal tender itu. […]

Komentar Anda