Unik! Di Kawasan Polonia Medan, Mantan Atlet Sepeda Balap Ini Bikin Rumah Berbentuk Sepatu

KABARHUKUM-Medan | Unik dan heboh. Begitulah reaksi ketika melihat sebuah rumah di Jalan Avros, Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Medan Polonia, Medan. Nama pemiliknya Muhammad Jusuf Sokartara, mantan Atlet Sepeda Balap di era 80-an dulu. Rumah Jusuf berbentuk sepatu! Jadi ketika melihat rumahnya, kita memang sedang melihat sebuah sepatu ukuran raksasa.

Rumah sepatu di kawasan Medan Polonia, Medan.  (foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)
Rumah sepatu di kawasan Medan Polonia, Medan.
(foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)

Jusuf yang sempat berkeliling dunia dengan membawa sepeda di deck kursi penumpangnya ini, berujar soal ini. Katanya, rumahnya diawali dengan perencanaan desain yang diinginkannya dan ingin membangun yang terbaik. “Apalagi untuk membangun rumah untuk dihuni sendiri,” kata dia kepada kabarhukum.com.

Jusuf berujar, sebelum mendapatkan ide membangun rumah bergayakan unik tersebut dia mengaku pernah berkeliling dunia dengan sepeda balapnya. Setelah pensiun dari dunia atlet, lelaki yang pernah bekerja di perusahaan kargo milik maskapai penerbangan KLM Belanda, mengaku, dia mendapatkan inspirasi unik membangun rumahnya itu ketika melihat bangunan di Taman Kamala Nehru Park, Mumbai, India.

Bangunan di India itu berfungsi untuk tempat bermain anak anak yang terletak di tengah taman. “Jadi, taman dan bangunan itu adalah tujuan wisata keluarga di sana,” terang dia.

Muhammad Jusuf Sokartara, pemilik rumah sepatu polonia.  (foto: hz sinaga)
Muhammad Jusuf Sokartara, pemilik rumah sepatu polonia.
(foto: hz sinaga-kabarhukum.com)

Meniru yang di sana, dia juga menerima masyarakat untuk masuk dan melihat-lihat bangunan rumah miliknya yang unik tersebut. “Sudah banyak yang datang untuk melihat bangunan, tak terkecuali orang dari Wasingthon DC dan beberapa orang yang dianggap tokoh seperti Rahmat Shah dan lain lain,” ungkap Jusuf.

Satu lagi yang unik adalah soal nomor 13. Rumah Jusuf diberi nomor 13, bertinggi 13 meter. “Awal pembangunannya juga tanggal 13,” kata dia.

Jumlah tukang bangunannya ada enam. “Rekan saya sendiri yang masih memilki hubungan darah. Upahnya Rp 91 Juta,” terang dia. Total, dia menghabiskan dana sekitar Rp 500 Juta untuk membangun rumah itu.

Dia mengatakan, tukang bangunannya juga merasa tertantang ketika dia meminta bangunannya seperti dalam bentuk sepatu.

Nah, bercontohkan foto shoe house yang diambil di Kamala Nehru Park, Mumbai India itulah, mereka mengerjakan rumah itu selama kurang lebih 4 bulan. Kini, bangunan itu mempunyai lebar 5 meter, panjang 9 meter dan tinggnya 13 meter.

Rumah sepatu di kawasan Medan Polonia, Medan.  (foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)
Rumah sepatu di kawasan Medan Polonia, Medan.
(foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)

Rumah itu terdiri dari 3 lantai dan 3 kamar. Setiap kamar dilengkap dengan kamar mandi. Kamar bawah berukuran 3×3 meter. Dapur ada di lantai bawah dekat dengan jendela. Sementara itu, tangganya berbahan keramik dengan pegangan stainlees steel, atapnya menggunakan galvalum.

“Rumah ini tidak dihuni karena bentuknya yang lebih kecil. Jadi masih hanya bisa menjadi ruang permainan anak-anak dan turis yang berkunjung,” katanya.

Jusuf yang berulang tahun setiap tanggal 14 Maret itu, kini sudah berumur 71 tahun. Kini, dia mengaku selalu berbahagia dan bersemangat menjalani hidupnya hari ke hari. “Saya merasa membangun ini tidaklah sia-sia. Kapan atau apa lagi yang saya buat untuk membanggakan Kota Medan dan Indonesia,” tegas dia. “Orang-orang banyak juga yang bilang saya gila, tapi saya tidak peduli. Ini mungkin rumah sepatu yang pertama di Asia Tenggara dan artinya saya bisa membanggakan negara ini di dunia internasional.”

Jusuf pun tampak serius dengan hal itu. Dia sudah memikirkan hak cipta konsep rumahnya dan ingin menyampaikannya ke Guinness Book of Record atau ke Museum Rekor Indonesia (Muri). “Hak ciptanya akan saya urus ke lembaga terkait bersama teman saya,” kata Jusuf.

Dia mengatakan, rumah ini nantinya akan dihuni olehnya bersama istri dan ketiga anaknya. “Mereka kini masih berada di Belanda,” pungkas Jusuf. (*)


laporan: HZ Sinaga

ARTIKEL TERKAIT

One Thought to “Unik! Di Kawasan Polonia Medan, Mantan Atlet Sepeda Balap Ini Bikin Rumah Berbentuk Sepatu”

  1. mantap bah, ngeri kali yang ngeliput ini. kepada redaksi Kabarhukum.com tolong perkenalkan saya dengan wartawan yang ngeliput ini 😀
    hehehe

Komentar Anda