Mahasiswa Pendaftar UMSU Meningkat, Ekonomi Jadi Fakultas Terbesar

KABARHUKUM-Medan | Memasuki tahun ajaran 2015-2016, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengalami kenaikan pendaftar. Sebanyak 9.000 lulusan SMA sederajat yang mendaftarkan diri. Namun, dari total keseluruhan, UMSU hanya menjaring sekitar 5800-an jiwa atau hampir menembus angka 6.000.

Radiman Nasution MSi
Radiman Nasution MSi

Dari angka tersebut, diketahui kalau UMSU semakin diminati masyarakat.  “Dari 9.000 mahasiswa yang mendaftar, pada hari ini kita mendapat kabar 5.800-an malah hampir mencapai angka 6.000 mahasiswa yang mendaftar ulang di UMSU,” kata Radiman di ruangannya, di Gedung Rektorat UMSU, di Jl Mukhtar Basri No 3 Medan, Sabtu (28/8/2015) sore.

Dari total jumlah mahasiswa masuk tahun ini, angka tertinggi dicapai Fakultas Ekonomi UMSU yaitu sebanyak 1.300 calon mahasiswa. Hal ini disusul Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang menjaring sekitar 800 jiwa.

“Sampai sekarang Ekonomi masih paling tinggi peminatnya, disusul oleh FKIP, seperti tahun lalu hampir sama prosesnya. Sampai semalam itu sudah menembus angka 1.300, sedangkan Fkip itu masih 800-an yang registrasi ulang,” tutur Radiman.

Menurut dia, struktur ekonomi masyarakat yang kebanyakan masih di tingkat menengah ke bawah diyakini menjadi salah satu faktor pendukung tingginya minat lulusan SMA sederajat mendaftar ke Fakultas Ekonomi UMSU.

“Jadi mungkin orientasi mahasiswa masuk ke Fakultas Ekonomi ini mungkin nantinya untuk meningkatkan ekonomi pribadi dan keluarga. Ini dalam pikirannya bagaimana meningkatkan ekonomi pribadi dan keluarganya bisa meningkat dengan masuk ke Fakultas Ekonomi,” jelasnya. (*)


laporan: Dhabit Barkah Siregar

ARTIKEL TERKAIT

One Thought to “Mahasiswa Pendaftar UMSU Meningkat, Ekonomi Jadi Fakultas Terbesar”

  1. Memang ada hubungannya masuk fakultas ekonomi dengan meningkatkan ekonomi keluarga?

Komentar Anda