Gara-Gara Sebar Gosip ke Dunia Maya, China Penjarakan 197 Rakyatnya

KABARHUKUM-China | Sebanyak 197 orang warga Negara China dihukum penjara hanya karena menyebarkan rumor mengenai kejatuhan pasar saham dan ledakan di Kota Tianjin di dunia maya. Penyebaran rumor yang dilakukan mereka, dianggap pemerintahnya sebagai berita tak benar.

Lambang Kebesaran China
Lambang Kebesaran China

Seperti dilaporkan kantor berita Xinhua, rumor tersebut seperti adanya tragedi pria yang bunuh diri di Beijing akibat jatuhnya nilai saham-saham dan tentang ledakan di Tianjin Beijing yang telah menewaskan sebanyak 1.300 orang. Namun, versi pemerintah China hanya ada sebanyak 150 orang meninggal dalam ledakan itu, sedangkan 23 lainnya hilang. Kemudian ada pula penyebaran gosip bernada hasutan mengenai peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II yang akan datang.

Dari ratusan orang yang dihukum itu, ada juga seorang wartawan bernama Wang Xiaolu yang dituding menebar informasi palsu mengenai penurunan saham. Wang sendiri telah mengaku menulis laporan palsu tentang pasar saham China berdasarkan kata-kata orang dan tebakan subyektif tanpa melakukan verifikasi.

Diketahui, Pemerintah China selama ini mengatur pemberitaan secara ketat. Dimana pada 2013, aparat Cina memberlakukan ancaman hukuman penjara selama tiga tahun atas perbuatan menyebarkan rumor. Hukuman itu berlaku bagi siapapun yang menebar rumor di internet yang dibagi 500 kali atau dilihat sebanyak 5.000 kali.(*)


Editor : Ki Andang

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda