Laporan #Haji2015: Dari Madinah, Besok Kloter 3 Medan Siap ke Makkah

KABARHUKUM-Madinah | Rombongan Kelompok Terbang (kloter) 3 asal embarkasih Medan siap menuju kota Makkah pada Selasa (1/9/2015) pagi waktu setempat. Hal ini disampaikan langsung oleh Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) H Sutan Sahrir SAG MA, didampingi TPHI Amrul Gofar Nst SHi, kepada kabarhukum.com Ahad (30/8/2015) malam waktu Madinah.

Rombongan jemaah haji dari Kodam I/BB yang tergabung di Kloter 3 Medan saat  berkunjung ke Masjid Kuba, Madinah.  (foto: Muja HD-kabarhukum.com)
Rombongan jemaah haji dari Kodam I/BB yang tergabung di Kloter 3 Medan saat berkunjung ke Masjid Kuba, Madinah.
(foto: Muja HD-kabarhukum.com)

Menurut Sutan, beberapa persiapan yang sudah dilakukan antara lain adalah melakukan pengecekan kembali terhadap semua paspor milik para jemaah kloter 3. Selanjutnya mereka menyusun bis keberangkatan yang berjumlah sembilan bis dengan total 374 jemaah.

“Alhamdulillah pengecekan paspor sudah selesai. Untuk persoalan ini Insya Allah tidak ada kendala, sebab ini yang paling penting sebab ini adalah nyawa kedua dari jemaah haji kita,” ujarnya usai briefing dengan seluruh kepala rombongan dari masing-masing KBIH yang ikut di kloter 3 Medan.

Sedangkan persiapan selanjutnya, jelas Sutan, adalah kesiapan jemaah dalam keberangkatan. Lebih lanjut, Sutan juga menelaskan keberangkatan jemaah kloter 3 Medan diperkirakan paling lambat siang hari waktu Madinah. Bahkan menurutnya bisa saja keberangkatan dijadwalkan pada pagi hari sekitar pukul tujuh waktu setempat.

“Kalau kita berangkat jam 7 pagi, diperkirakan sampai di Bir Ali jam delapan kurang atau setengah jam perjalanan. Nanti di sana bersiap-siap sekitar satu jam. Di Bir Ali itu nanti jemaah akan shalat dan memasang niat ikhram. Jadi kita akan keluar dari Bir Ali jam 9-an dan diperkirakan sampai di Mekah pada sore hari atau waktu Ashar,” terangnya.

Untuk pelaksanaan umrohnya sendiri, menurut Sutan akan melihat situasi. Bisa saja dilakukan setelah shalat Ashar atau tepat pada sore itu juga atau bisa saja menunggu waktu Isha.

“Nanti kita liat itu, apakah jemaah lelah atau tidak dan kemudian apakah Masjidil Aharam ramai atau tidak. Yang mana waktu luangnya nanti akan kita lihat bagaimana teknisnya. Memang biasanya kalau malam hari bisa lebih lapang tapi kalau kita sampainya sore kenapa tidak segera kita lakukan saja, karena semakin cepat semakin bagus,” ucapnya.

Sementara itu, secara terpisah, ketua rombongan dari KBIH Kodam I/BB, Kapten Masniar, yang ikut serta dalam kloter 3 mengatakan, seluruh jemaah calon haji dari KBIH Kodan I/BB sudah mempersiapkan diri untuk keberangkatan ke Mekah.

“Insyaallah para jemaah sudah siap. Dalam briefing terakhir juga sudah kita ingatkan untuk mempersiapkan diri dengan tetap menjaga kesehatan dan juga mengemasi barang-barang bawaan. Jangan sampai ada yang ketinggalan di hotel,” tegasnya.

Seperti diketahui jemaah haji kloter 3 asal Medan akan menginap di wilayah Jarwal, Mekah. Jarak dari Jarwal ke Masjidil Haram diperkirakan sekitar 2 kilometer. Selain itu para jama’ah juga diminta untuk memakai pakaian ihram sejak keluar dari hotel di Madinah. (*)


laporan: Muja HD

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda