Laporan #Haji2015: Keberangkatan 16 Jemaah Kloter 7 Asal Asahan Belum Jelas

Jemaah Haji Sumut 2015. (foto: dhabit barkah siregar-kabarhukum.com)

KABARHUKUM-Medan | Visa masih menjadi cobaan terberat yang harus segera diatasi Kementrian Agama (kemenag) Republik Indonesia (RI). Gara-gara ini, sebanyak 16 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 7 asal Kabupaten Asahan belum ada kejelasan berangkat ke Madinah dan Makkah. Hingga kini, visa jemaah yang masuk Asrama Haji Medan sejak, Kamis (27/8/2015) lalu belum mendapatkan kepastian.

Jemaah Haji Sumut 2015. (foto: dhabit barkah siregar-kabarhukum.com)
Jemaah Haji Sumut 2015. (foto: dhabit barkah siregar-kabarhukum.com)

Salah seorang jemaah pun mengungkapkan harapannya agar pemerintah memberi mereka kepastian soal ini. “Kami memohon pada pemerintah agar memberikan kepastian kapan bisa berangkat,” ungkap Sarianto SH pada Senin (31/8/2015) di Asrama Haji Medan, Medan.

Sarianto tidak sendiri. Istrinya pun tertimpa persoalan serupa sehingga mereka berdua belum berangkat hingga sekarang.

Sebelumnya, jumlah jemaah haji Kabupaten Asahan yang belum berangkat sebanyak 22 orang. Namun enam orang sudah mendapatkan visa dan sudah berangkat ikut gabung dalam kloter lainnya. “Jangan sampai terlantar seperti ini. Kami belum tahu kapan berangkat,” ujarnya.

Dia pun berharap, kalau pun mereka jadi berangkat, pemerintah tidak memisahkan mereka dengan rekan-rekannya di Kloter 7. “Kalau pun jadi berangkat, kami tidak ingin dipisah dari teman-teman kloter 7,” harapnya.

Sarianto menegaskan, Kemenag Sumut diminta serius melihat persoalan mereka. “Kemarin ada pejabat yang datang, dan menunggu hingga pukul 23.00 WIB tapi belum mendapatkan kepastian,” kata Sarianto.

Kekecewaan jelas terpancar dari raut wajah Sarianto. “Ada teman yang tensinya naik akibat menangis terus karena kecewa tidak mendapatkan kepastian kapan harus diberangkatkan,” tuturnya.

Untungnya, terang dia, setiap hari pejabat dari Kabupaten Asahan ada yang datang ke Asrama Haji Medan. Mereka memberikan suport dan meminta agar jemaah tetap bersabar dan meyakinkan pasti berangkat. (*)


laporan: Draza Putra

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda