Mahathir Mohamad Gabung dalam Aksi Demonstrasi Tuntut PM Najib Razak Mundur

KABARHUKUM-Kuala Lumpur |Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, bergabung dengan para pengunjuk rasa di Kuala Lumpur, hari Minggu (30/08/2015). Bahkan dia menyerukan pencopotan Perdana Menteri Najib Razak.

Mahathir Mohamad bergabung dalam aksi yang digelar oleh kelompok yang menentang PM Najib Razak. (Reuters)
Mahathir Mohamad bergabung dalam aksi yang digelar oleh kelompok yang menentang PM Najib Razak. (Reuters)

Maharir menegaskan, satu-satunya jalan bagi rakyat untuk kembali ke sistem lama adalah dengan mencopot perdana menteri.

“Untuk bisa mencopotnya (PM Najib Razak-red)rakyat harus bisa menunjukkan kekuatan. Rakyat tidak menginginkan pemimpin yang korup,” ujarnya.

Seperti diketahui, tekanan kepada PM Razak berawal dari terungkapnya aliran dana sebesar US$600 juta ke rekening pribadinya. Razak sendiri telah membantah tuduhan korupsi dan menyebut aksi selama dua hari yang berakhir pada Minggu malam tersebut provokatif.

Panitia aksi mengatakan demonstrasi menentang PM Razak diikuti oleh tak kurang dari 350.000 orang tapi polisi mengatakan jumlahnya tak lebih dari 25.000.

Para pengamat politik di Malaysia mengatakan kecil kemungkinan aksi ini membesar dan karenanya sulit bagi para demonstran untuk mendesak PM Razak mundur.

Selain tak punya pemimpin aksi yang karismatik, aksi 34 jam ini tak mendapat dukungan penuh dari partai yang mewakili kepentingan rakyat Malaysia.

Reuters memberitakan, Mahathir dikenal sebagai tokoh UMNO, partai yang berkuasa di Malaysia saat ini, dan tindakannya bergabung dengan para pengunjuk rasa dikecam oleh politikus partai ini.(*)


Editor: Maestro Sihaloho

Sumber: Reuters

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda