Gila, Kritik atau Publikasikan Proses Pengadilan Bakal Bisa Dipidana Hingga 10 Tahun

ilustrasi penjara

KABARHUKUM | Jika RUU Contempt of Court (CoC) atau Tindak Pidana Penyelenggaraan Peradilan disahkan DPR, maka para pengkritik pengadilan bisa di penjara selama 10 tahun.

ilustrasi penjara
ilustrasi penjara

Dalam RUU COC pada Pasal 24 disebutkan:

Setiap orang yang mempublikasikan atau memperkenankan untuk dipublikasikan proses persidangan yang sedang berlangsung, atau perkara yang dalam tahap upaya hukum, yang bertendensi dapat mempengaruhi kemerdekaan atau sifat tidak memihak hakim, dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun atau pidana denda paling banyak Rp 1 miliar.

Dalam RUU disebutkan, pelaksanaan kekuasaan kehakiman dalam praktik ketatanegaraan relatif rentan dapat diintervensi, baik melalui kebijakan hukum pembuat UU, kekuatan di dalam masyarakat (organisasi massa, media massa, partai politik) melalui pembentukan pendapat umum (public opinion) pada saat peradilan sedang berlangsung. Pengaruh pihak-pihak yang mempunyai kepentingan politik kekuasaan atau kekerasan massa yang bersifat anarkhis, mewarnai proses peradilan sehingga mengganggu penyelenggaraan proses peradilan.

Pemberitaan besar-besaran terhadap suatu kasus atau kritikan yang disampaikan secara terbuka melalui media massa sering kali terjadi dan tidak jarang pula bahwa pers mengeluarkan pemberitaaan atau pernyataan yang menimbulkan situasi atau kondisi yang berpengaruh terhadap putusan yang akan dijatuhkan. Dampak dari pemberitaan tersebut adanya kesan bahwa seseorang yang diajukan ke depan pengadilan seolah-olah bersalah walaupun proses persidangan itu belum selesai.(*)

ARTIKEL TERKAIT

One Thought to “Gila, Kritik atau Publikasikan Proses Pengadilan Bakal Bisa Dipidana Hingga 10 Tahun”

  1. […] Zefrizal melanjutkan jika ada pasal yang melarang menyiarkan kritik untuk proses persidangan sangat tidak tepat karena masyarakat tidak bisa serta-merta mamahami bagaimana proses itu berlangsung. (Baca: Gila, Kritik atau Publikasikan Proses Pengadilan Bakal Bisa Dipidana Hingga 10 Tahun) […]

Komentar Anda