Tangkal Pemikiran Radikal, FAI UMSU Gelar Kuliah Umum Tentang Evolusi Jihad

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyelengarakan kuliah umum tentang evolusi jihad di Kampus 3 UMSU Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan, Sabtu (9/4/2016).

KABARHUKUM-Medan | Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyelengarakan kuliah umum tentang evolusi jihad di Kampus 3 UMSU Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan, Sabtu (9/4/2016). Kegiatantersebut bertujuan memeberikan pemahaman secara konprehensif  kepada mahasiswa terkait persoalan jihad, supanya bahaya dari pemikiran radikal tidak terkontaminasi kepada mahasiswa.

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyelengarakan kuliah umum tentang evolusi jihad di  Kampus 3 UMSU Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan,  Sabtu (9/4/2016).
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyelengarakan kuliah umum tentang evolusi jihad di Kampus 3 UMSU Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan, Sabtu (9/4/2016).

Kuliah umum tersebut menghadirkan pemateri dari kopertais wilayah IX DR. Ansari Yamamah. Dihadapan para dosen dan ratusan mahasiswa Fakultas Agama Islam Umsu Dr . Ansari Yamamah memberikan penjelasan mengenai Evolusi Jihad dan penjelasan Islam yg Rahmatan Lil ‘Alamin.

“Mahasiswa perlu diberikan pemahaman dan penjelasan secara cerdas dan terbuka tentang jihad, agar tidak terpengaruh kepada gerakan-gerakan radikal,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I Fai Umsu, Dr Muhammad Qorib, MA menjelaskan, bahwa jihad memang harus hadir dalam setiap diri seorang muslim. Namun, menurutnya semangat Jihad itu harus sesuai tuntunan alquran dan hadis. “Jihad adalah sesuatu yang maknanya sangant luas, mendalam, jihad semata-mata tidak dapat diartikan hanya holiwors, tapi jihad juga bagaimana kita melakukan bermacam aktivitas sosial yang dapat memeberikan manfaat kepada banyak pihak,” ungkapnya.

Muhammad qorib juga menyesalkan belakangan ini jihad mengalami poeyempitan makna, menjadi sebuah terminologi yang banyak di identikkan oleh orang diluar Islam, yaitu sebuah aktifitas yang terkait dengan persoalan terorisme, teroris, radikalisme dan berbagai macam kekerasan lainnya.

Kuliah Umum tersebut merupakan agenda rutin yang diselenggarakan FAI UMSU setiap bulannya. Kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman yang konprehensip terkait persoalan jihad.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda