Usia Pernikahan Kian Lama, Hasrat Selingkuh Pria Kian Menggebu

Selingkuh (ilustrasi)

APAKAH Anda termasuk orang setia terhadap pasangan? Tunggu dulu. Penelitian mengungkapkan, usia pernikahan menjadi salah satu faktor mengapa Anda cenderung selingkuh.

Misalnya, wanita dengan usia pernikahan 6-10 tahun lebih rentan terhadap perselingkuhan dibanding mereka yang baru menikah atau sudah lama menikah. Sedangkan pada pria, semakin lama usia pernikahan, semakin rentan pula untuk selingkuh.

Berdasarkan penelitian yang dimuat di Journal Sex Research itu berdasarkan survei terhadap 423 orang, pria yang menikah 11 tahun atau lebih memiliki keinginan lebih besar untuk bertualang mencari pasangan lain.

Mengapa wanita lebih rentan melakukan perselingkuhan di usia pernikahan antara 6 sampai 10 tahun? Alasannya, pada usia pernikahan yang masih muda, anak-anak masih terlalu kecil sehingga sebagian besar waktu dan perhatian tercurah pada anak dan keluarga.

Ketika anak sudah lebih besar, secara evolusi manusia memiliki kecenderungan untuk mencari pasangan. Itu sebabnya, usia pernikahan di atas 6 tahun menjadi masa yang lebih kritis bagi wanita.

Sementara ketika usia pernikahan semakin lama, selain faktor menopause, pada tahapan itu para wanita kebanyakan ingin fokus memperbaiki kualitas hidupnya.

Michael Steger, Ph.D. seorang periset dan pakar kehidupan berkualitas mengatakan, salah satu alasan wanita enggan berselingkuh ketika usia pernikahannya sudah lama, karena selain umurnya yang bertambah tua, dia juga sudah mulai merenungkan hal-hal yang telah atau belum pernah dia capai dalam dekade terakhir ini.

Sedangkan kecenderungan selingkuh pada pria seiring dengan pertambahan usia pernikahan terkait dengan kebosanan, kondisi fisik pasangan yang dianggap tidak lagi menarik, dan kepemilikan uang yang lebih banyak.

Nah, sudah berapa usia pernikahan Anda? (*)

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda