Pengajuan Banding Dahlan Iskan Dikabulkan

Dahlan Iskan ketika menjalani sidang ke 3 di Tipikor Juanda, beberapa waktu lalu. (foto: jawapos)

KABARHUKUM-Surabaya | Pengadilan Tinggi Jawa Timur mengabulkan pengajuan banding oleh Dahlan Iskan dalam kasus pelepasan aset PT Panca Wira Usaha (PWU), BUMD Provinsi Jawa Timur.

Juru Bicara Pengadilan Tinggi Surabaya Widarto mengatakan, pengajuan banding tersebut dikabulkan pada akhir Agustus 2017 atau sebelum Hari Raya Idul Adha 1438 H.

Menurutnya, dalam memutuskan perkara pelepasan aset PT PWU tersebut, terdapat perbedaan pendapat atau disenting opinion dari majelis hakim. “Alot, ya. Kan itu musyawarah majelis, karena ada disenting opinion ada perbedaan pendapat sehingga diputuskan dari suara terbanyak,” jelasnya, Selasa (5/9/2017)

Kendati demikian, berkas putusan pengabulan banding tersebut belum dikirim ke Pengadilan Negeri Surabaya. Sebab, masih ada proses administrasi sebelum pengiriman berkas.

Penasehat Hukum Dahlan Iskan, Agus Dwi Warsono, menyatakan belum menerima salinan pengabulan banding yang dia ajukan. “Ya, Alhamdulillah. Isi pertimbangan hukumnya apa kami belum tahu. Cuma bersyukur saja,” kata Agus.

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya telah menjatuhkan vonis bersalah terhadap Dahlan Iskan terkait tindak pidana korupsi dalam pelepasan aset PT PWU di Kediri dan Tulungagung, pada April 2017. Majelis hakim menjatuhkan hukuman dua tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider dua bulan penjara.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda