FH UMSU Gelar Kuliah Umum ‘Peran LPSK dalam Penegakan Hukum di Indonesia’

Tukar-menukar cindramata antara WR I UMSU Dr Muhammad Arifin Gultom SH MHum dengan Ketua LPSK RI Dr. Abdul Haris Semendawai SH LLM. (Foto: kabarhukum.com)

KABARHUKUM-Medan | Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Peran LPSK dalam Penegakan Hukum di Indonesia” di Auditorium Kampus UMSU Jalan Kapt. Mukhtar Basri Medan (18/11/2017).

Kuliah Umum yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor I UMSU Dr Muhammad Arifin Gultom SH MHum ini menghadirkan Dr. Abdul Haris Semendawai SH LLM, Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) RI, sebagai pemateri utama.

Dalam sambutannya WR I UMSU mengatakan, bahwa kuliah umum ini merupakan kegiatan akademik yang sengaja diagendakan sebagai wujud komitmen UMSU terus meningkatkan kualitas tradisi keilmuan bagi segenap civitas akademika UMSU.

Terkait keberadaan LPSK, secara institusional Arfin melihat bahwa LPSK itu merupakan lembaga yang sangat vital dalam konstelasi penegakan hukum di republik ini. Namun, ia menilai selama ini LPSK belum begitu populer dimata publik. “Mungkin karena keberadaan lembaga ini masih terbilang muda, baru berdiri sekitar 10 tahun yang lalu,” ungkapnya.

Karena itu, lanjut Arifin, kegiatan Kuliah Umum ini sesungguhnya sangat menarik diikuti untuk mengeksplorasi keberadaan LPSK tersebut. “Mudah-mudahan  dengan kegiatan ini kita semakin tercerahkan. Wawasan kita semakin bertambah dan kita semakin mengenal dengan LPSK dengan segenap perannya dalam penegakan hukum di Indonesia,” kata Arifin.

Kuliah Umum ini diikuti dengan penuh antusias oleh sejumlah dosen dan ratusan mahasiswa Fakultas Hukum UMSU. (*)

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda