Ribuan Mata Jadi Saksi Sejarah Sandarnya KRI Dewaruci di TPBD Milik Pelindo 1

KABARHUKUM – Medan | Ribuan warga yang didominasi para pelajar setingkat TK hingga SLTA menjadi saksi sejarah sandar perdananya Kapal Legendaris KRI Dewaruci dalam Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ)) di Terminal Penumpang Bandar Deli (TPBD) Belawan, milik PT Pelabuhan Indonesia 1 atau Pelindo1. Kehadiran kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut ini,Rabu (6/12/2017) disambut antusias wajah – wajah ceria dan bangga anak negeri karena dapat secara langsung melihat kapal bersejarah yang telah berusia 64 tahun tersebut.

General Manager Pelindo 1 Belawan, Yarham Haridz dalam sambutannya mengucapkan bahwa Pelindo1 merasa bangga diberi amanah menjadi tuan rumah. Apalagi sandarnya kapal tersebut di Terminal Penumpang Bandar Deli yang juga menjadi kebanggaan bagi Pelindo1.

“Kami ucapkan selamat datang bagi kapal yang penuh sejarah ini, kami merasa bangga atas kedatangannya ditempat yang juga jadi kebanggaan kami,” ucap Yarham.

Selain bersejarah bagi Indonesia, ternyata Yarham secara pribadi juga mengaku pernah memiliki sejarah dengan KRI Dewaruci karena pernah menaikinya disaat dirinya SD, sehingga bila diijinkan naik lagi menjadi pengalaman keduanya. Ia berharap kedatangan kapal ini dapat menggelorakan kembali semangat kemaritiman bagi semuanya terutama generasi muda.

Hal senada diucapkan Camat Medan Belawan, Ahmad SP bahwa kedatangan KRI Dewaruci ini adalah sebuah kebanggaan bagi warga Medan Belawan. Ia berharap peristiwa ini bagi para pengunjung terutama anak – anak bisa menambah kecintaannya terhadap dunia bahari kemaritiman, sehingga bisa lebih mencintai NKRI.

Ditempat sama, TB Heri, perwakilan Kementerian Kordinator Maritim mengungkapkan rasa apresiasinya atas pelayanan baik yang diberikan oleh semua pihak terutama Pelindo 1 dalam menyambut KRI Dewaruci. “Ini merupakan hal luar biasa sebuah bentuk koordinasi atau kerjasama terbaik dalam menyambut kedatangan KRI Dewaruci, saya sangat kagum,” ucap TB Heri.

Sementara itu, M Eriansyah, Corporate Secretary Pelindo 1 kepada wartawan mengungkapkan pihaknya berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung yang datang sebagai upaya untuk memperkenalkan KRI Dewa Ruci sang pembawa misi budaya kemaritiman nasional serta memperkenalkan Terminal Bandar Deli dan Pelabuhan Belawan kepada masyarakat luas.

“Berlabuhnya KRI Dewa Ruci di Terminal Penumpang Bandar Deli, Belawan, merupakan momentum bagi kami untuk memberikan pengenalan lebih kepada masayarakat tentang KRI Dewa Ruci sebagai pembawa misi budaya kemaritiman nasional. Selain itu, KRI Dewa Ruci yang telah mengarungi lima benua dan tujuh samudera merupakan monumen kemaritiman negara kita. Ini perlu kita perkenalkan pada masyarakat, agar masyarakat mengerti sejarah nasional sebagai bangsa maritim yang besar,” ujar M Eriansyah.

Dijelaskannya, KRI Dewa Ruci berlabuh di Pelabuhan Belawan setelah sebelumnya singgah di Sabang untuk mengikuti rangkaian Sail Sabang 2017. KRI Dewa Ruci dilepas dari Tanjung Priok oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Panjaitan pada 20 November 2017 yang lalu guna menjalankan Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 dengan jalur pelayaran, Tanjung Priok, Jakarta – Batam – Sabang – Belawan dan kembali ke Jakarta selama 28 hari.

Perjalanan kali ini merupakan perjalanan terakhir yang menjadi puncak purna tugas KRI Dewaruci yang telah mengemban misi pelatihan dan budaya bagi negara selama 64 tahun. Dalam pelayaran terakhirnya ini, KRI Dewaruci akan membawa 68 pelajar SMA yang berprestasi dari 34 provinsi melalui program Ekspedisi Nusantara Jaya yang dikoordinasikan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda