Dilan, Penontonmu Sudah Tembus 5 Juta, Lho…

Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea dalam Dilan 1990.

KABARHUKUM-JAKARTA | Film Dilan 1990 berhasil menembus 5 juta penonton. Ini menyalip rekor di film Indonesia 2017 yang sebelumnya dipegang film Pengabdi Setan dengan 4,2 juta penonton. Meski demikian, Dilan belum memecahkan rekor penonton Warkop DKI Reborn yang menembus 6,8 juta penonton pada 2008 lalu.

“Insya Allah siang jam 1 nanti (Minggu 11 Februari 2018) sudah 5 juta penonton,” kata Ody Mulya Hidayat, Produser Max Pictures Indonesia, di Jakarta, Ahad (11/2/2018). Namun, angka lima juta penonton ini hanya diraih dalam waktu yang belum sampai sebulan penayangan.

Tak ayal, film yang diangkat dari novel best seller karya Pidi Baiq ini mendatangkan keuntungan bagi produser. Ody menuturkan, pihaknya menggelontorkan dana senilai Rp 15 miliar untuk memproduksi film Dilan. Dengan porsi promosi lebih banyak dari biaya produksi.

Jika produsen mendapat jatah Rp15 ribu per penonton, dengan jumlah penonton yang mencapai lima juta, Max Picture diperkirakan sudah mengantongi Rp75 miliar. Artinya, Max Pictures sudah untung Rp 60 miliar.

Ody mengaku film ini merupakan yang paling laris dari film yang pernah diproduksi sebelumnya. “Dari semua film Max Pictures (Dilan) ini paling laris. Kemarin cuma capai satu juta penonton yaitu film Bulan Terbelah di Langit Amerika,” tuturnya. (*)