Pengajian Akbar & Sosialisasi LazisMu Medan

Hilman Latif: Kedepan LazisMu Harus Tampil Lebih Profesional dan Menyentuh Masyarakat

KABARHUKUM-Medan | Bertempat di Gedung Pesantren Putri Aisyiyah, Ahad (25/2/2018), Lembaga Amil Zakat,Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (LazisMu) Kota Medan mengadakan acara Pengajian Akbar dan Sosialisasi. Dalam kegiatan ini hadir Ketua LazisMu Pusat  Hilman Latif MA PhD.

Dalam sambutannya, Ketua LazisMu kota Medan Muhammad Arifin SE mengatakan, walaupun mereka (pengurus LazisMU Medan) adalah orang-orang muda dan baru dalam lembaga ini, ia mohon arahan dan dukungannya untuk kemajuan LazisMuh Kota Medan. “Untuk saat ini Lazis Kota Medan sudah mengumpulkan dana bantuan untuk korban bencana gunung Sinabung,” ujarnya.

Sementara Drs. Adri K, mewakili PDM Medan dalam arahannya menyebutkan, bahwa LazisMu Kota Medan ini baru di benahi dan sekarang mereka sudah bisa bekerja. Adri K bangga atas besarnya antusiasme undangan yang menghadiri acara ini, yakni terdiri dari PCM se Kota Medan, Ortom tingkat Daerah , PRM, PCA dan PRA bahkan para Muzzakki yang sudah di undang. ” Undangan yang dipersiapkan sekitaran 500, alhamdulillah banyak yang hadir,” sebutnya.

Sedangkan Sekretaris LazisMu Sumut Saadi Syam SP dalam sambutannya mengatakan, ia sangat mengapresiasi acara ini. Saadi mengungkapkan, potensi penggalangan dana untuk masuk ke LazisMu sangat tinggi, cuma hanya penggalangan dan penginventarisan yang masih kurang. ” Inilah tugas kita sekarang bagaimana bisa menginventaris para muzakki yang mau menyalurkan Zakat, Infaq dan Shodaqah,” jelasnya.

Pada acara ini LazisMu kota Medan juga melaunching sejumlah program LazisMu kota Medan. Pengurus LazisMu Medan Putrama Alkhair SE memaparkan, bahwa sejauh ini LazisMuh Kota Medan sudah mempunyai Visi dan Misi yang sangt jelas. Adapun programnya adalah programnya Gerakan Anak Yatim Miskin Berdaya, Program School Kids Yaitu memberikan bantuan kepada anak anak miskin yang nantinya diberikan paket sekolah berupa sepatu, tas dan peralatan baca dan tulis, Program Peduli Guru, Program Sembako Lansia, Beasiswa Sangsurya untuk beasiswa kuliah, Program Yes Program yaitu perempuan berdaya untuk diberikan fasilitas pembiayaan modal dN program Qurban.

Lebih lanjut Putrama menjelaskan, Program penghimpunan saat ini dilakukan 3 bentuk, yakni; Pertama, Penghimpunan kotak infak di Masjid masjid Muhammadiyah. Kedua, Filantropis Cilik yaitu memberikan tabungan yang unik kepada anak anak sekolah berupa celengan nantinya dibawak kerumah untuk diisi dirumah dengan keluarganya. Dan ketiga, Donatur Tetap bagi siapa saja yang mau menjadi muzakki. “Lazismu kota Medan akan membuat laporan yang sangat akuntabel dan trasparan dan bisa menjemput para muzakki ke Rumah dan ke kantor bagi siapa saja yang mau berzakat infaq dan shodaqahnya,” katanya.

Ketua LazisMuh Pusat Bapak Hilmah Latif MA PhD dalam sambutan mengungkapkan bahwa ia sangat senang melihat program dari LazisMuh Kota Medan. Hilman mengatakan bahwa LazisMuh merupakan lembaga zakat infak shadaqah dalam warga Muhammadiyah yang lembaga ini diatur oleh Undang Undang No 23 thn 2011 uu tentang pengelolaan zakat. “Dan LazisMuh telah mendapatkan izin dari pemerintah,” ujarnya .

Lebih lanjut Hilman menyampaikan, kendati lembaga ini (LazisMU) merupakan punya muhammadiyah, tapi harus juga mengakomodir dari Aisyiyah dalam pengelolaannya. “Muhammadiyah bisa bersinergi dengan Aisyiyah. Tugas LazisMuh menghimpun dan menyalurkan,” tegasnya.

Hilman juga menyampaikan pesan, bahwa beribadah itu harus ada ilmunya juga. Salah satu nya di LazisMu itu harus ada orang berilmu, misalnya akuntan yang bisa membuat laporan untuk publik.

Selain itu, kata Hilman, perlu diketahui, bahwa Zakat, infak shadaqah bukan tradisi baru di Muhammadiyah. Tradisi ini merupakan tradisi kuat yang sudah lama di Muhammadiyah. Sampai saat ini kita lihat berapa banyak Sekolah yang berdiri, Perguruan Tinggi, dan rumah sakit yang berdiri yang itu merupakan hasil dari zakat, infaq dan Shodaqah warga Muhammadiyah. ” Lazismu itu hanya satu yaitu LazisMu Pusat. Sementara itu yang di wilayah dan daerah itu merupakan perwakilan perpanjangan pusat. “Kedepan kita berharap LazisMu bisa tampil lebih profesional menjadi kesholehan sosial yang bisa menyentuh masyarakat,” harapnya.

Pada acara ini juga diadakan penyerahan secara simbolis penerima Beasiswa Sang Surya kepada 12 orang mahasiswa dari UMSU yang merupakan program Lazismu Pusat. Dan juga penyerahan program School Kids, Peduli Anak Yatim dan Peduli Lansia yang merupakan program Lazismu Kota Meda. (*)

ARTIKEL TERKAIT