Seminar Internasional Mikom UMSU

Film dapat Membangun Isu dan Mengubah Dunia

KABARHUKUM-Medan | Amerika dikenal sebagai negara penghasil film terbesar di dunia. Film sebagai media memiliki sebuah kekuatan untuk membangun isu dan membentuk pandangan manusia secara global.

Pandangan itu disampaikan Konsulat Jendral Amerika di Medan Juha Salin, pada pembukaan Seminar Internasional,  Selasa sore (6/2) di Aula Pascasarjana UMSU, Jl Denai Medan

Seminar  Internasional yang diselenggarakan Magister Ilmu Komunikasi (Mikom) Pascasarjana UMSU bekerjasama Konjen AS di Medan dan The American Film Showcase (AFS) menghadirkan seorang pekerja film Amerikan Hashley Hasz. Ashley sudah menangani banyak film dan berbagai tema.

Ashley mengatakan Film memiliki kuatan untuk merubah prilaku dan pemikiran manusia. Kekuatan film itu yang dilakukan seniman Amerika dalam upaya menjadikan dunia lebih baik.

Ashley Hasz adalah direktur film dan pemasaran terpadu di Participant Media, perusahaan media yang bermarkas di California, Amerika Serikat. Selain memproduksi film, acara televisi dan konten digital, Participant Media juga menawarkan jasa penerbitan, ide kreatif dan konsultasi pemasaran film.

Ia juga turut memegang peran kunci dalam memasarkan sejumlah film lain seperti The Look of Silence, 3 1/2 Minutes, Ten Bullets and Merchants of Doubt. Ashley sering memberikan kuliah mengenai “impact strategy” kepada para sineas dan praktisi media melalui berbagai institusi pendidikan.

The American Film Showcase (AFS) adalah inisiatif Diplomasi kebudayaan dari Departemen Luar Negeri AS. Biro Pendidikan dan Budaya Deplu AS bekerja sama dengan salah satu Universitas prestigius, University of Southern California School of Cinematic Arts (SCA).

Seminar sehari dengan tajuk ‘ Changing the World With World’ dihadiri dosen dan mahasiswa Fisip dan Magister Komunikasi UMSU.

Direktur Pascasarjana UMSU Dr. Syaiful Bahri dalam sambutannya mengatan, kita berharap kekuatan sebuah media atau film dapat mengubah pandangan manusia menjadi lebih baik.

Seminar sehari UMSU dan Konsulat Amerika di Medan merupakan bagian dari program internasionalisasi UMSU. (*)

ARTIKEL TERKAIT