Mayjen TNI Ibnu Triwidodo Gantikan Mayjen TNI Cucu Sumantri Sebagai Pangdam I/BB

Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, Pangdam I/Bukit Barisan yang baru menggantikan Mayjen TNI Cucu Sumantri.

KABARHUKUM | Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengangkat Mayjen TNI Ibnu Triwidodo sebagai Pangdam I/Bukit Barisan yang baru. Tenaga pengajar pada Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) ini menggantikan Mayjen TNI Cucu Sumantri yang dimutasi jadi Staf Khusus KSAD.

Prihal reposisi Pangdam I/BB ini seperti tertera dalam Surat Keputusan Nomor Kep/231/III/2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. Mutasi Pangdam dilakukan sekitar tiga bulan, tepatnya 90 hari jelang pemungutan suara Pilgub Sumut 2018-2023, yang diselenggarakan pada 27 Juni 2018.

Cucu genap setahun bertugas dan menjabat sebagai Pangdam I/Bukit Barisan. Ia menggantikan Mayjen TNI Lodewyk Pusung.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah melakukan mutasi jabatan terhadap 35 perwira tinggi (Pati). Mutasi jabatan tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier perwira tinggi guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

“Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan personel di tingkat Perwira Tinggi (Pati) TNI,” ujar Hadi seperti dikutip dari siaran pers Mabes TNI, Minggu (4/3/2018).

Adapun Mayjen TNI Ibnu Triwidodo saat ini tenaga Pengajar Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas (sejak 2016). Perwira tinggi TNI ini kelahiran Bantul, Yogyakarta, pada 9 November 1961.

Ibnu, lulusan Akmil 1985, berpengalaman dalam bidang infanteri. Saat berpangkat Brigadir Jenderal, ia menjabatan sebagai Kasgartap 1/Jakarta (2014), dan Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya (2015-2016). (*)

ARTIKEL TERKAIT