Gandeng PWI Sumut, UMSU Gelar Seminar “Pilkada Damai dalam Bingkai Media”

KABARHUKUM-Medan | Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut menggelar acara seminar dengan tajuk “Pilkada Damai dalam Bingkai Media”. Kegiatan ini diadakan di Aula Pascasarjana UMSU, Jl. Denai 217 Medan, Jum’at (23/3/2018).

Rektor UMSU Dr Agussani MAP dalam sambutannya mengatakan, bahwa agenda acara ini merupakan bagian dari program kemitraan UMSU dengan PWI yang telah terjalin sejak lama. Juga acara ini merupakan rangkaian dari Hari Pers Nasional yang telah digelar di Sumatera Barat beberapa waktu lalu. “Kami ucapkan selamat kepada PWI atas hari persnya, acara ini adalah rangkaiannya. Wartawan merupakan bagian mitra yang tak lepas dari UMSU. Pendidikan tinggi tak ada artinya tanpa kehadiran media,” ucap Rektor.

Lanjut Rektor, acara seminar ini sangat penting dan strategis dalam rangka mensukseskan jalannya pilkada, khususnya di Sumut. “Ini merupakan salahsatu bentuk peran aktif dan sumbangsih institusi perguruan tinggi dalam upaya melakukan peningkatan kualitas kehidupan demokrasi kita. Dan dalam konteks pilkada Sumut, seperti kita tahu bersama banyak generasi muda saat ini pasif untuk turut berpartisipasi dalam pilkada, maka lewat acara ini kita harapkan bisa melahirkan pemikiran dan ide-ide kreatif bagaimana meningkatkan tingkat partisipasi politik tersebut,” ungkapnya.

Untuk itu, menurut Rektor UMSU salah satu peran aktif UMSU agar pilkada sukses ikut serta meramaikan pesta rakyat ini dengan menggelar acara seperti ini yang juga menunjukan kerjasama antara media dan perguruan tinggi. “UMSU adalah mata rantai perjuangan, karena kita juga banyak melahirkan wartawan. Kami berharap MoU antara UMSU dan PWI di aplikasikan dilapangan sehingga sinerginya berkelanjutan dan ada nilai lebih,” ucap Rektor.

Bahkan untuk mendukung kerjasama ini, UMSU menawarkan program diskon bagi para anggota PWI hingga 50% bila ingin mengenyam pendidikan di UMSU, baik Strata 1 maupun Strata 2.

Seminar yang mendapat perhatian yang luar biasa dari peserta yang berasal dari kalangan insan pers Sumut dan akademisi ini menghadirkan tiga pembicara, yakni Ketua KPU Mulia Banuria SAg, Ketua PWI Drs Hermansyah dan Pakar Komunikasi UMSU Dr. Rudianto MSi serta dipandu oleh moderator Dr Arifin Saleh Siregar MSP, Wakil Direktur PPs UMSU.

Dari paparan tiga narasumber, terungkap bagaimana strategis peran media dalam mewarnai dan menyukseskan agenda demokrasi Pilkada di Sumatera Utara. (*)

ARTIKEL TERKAIT