Korupsi di Disdik Binjai, Dirut CV ACL Diringkus Intel Kejatisu

KABARHUKUM – Medan | Dirut CV Aida Cahaya Lestari (ACL), Dodi Asmara yang sempat berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak Februari 2018 lalu, diringkus oleh Tim Intel Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara (Kejatisu).

Dodi merupakan buronan Kejaksaan Negeri (Kejari) Binjai karena terjerat kasus dugaan korupsi pengadaan alat peraga senilai Rp 1,2 Milyar di Dinas Pendidikan Binjai yang berasal dari Tahun Anggaran 2011.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejatisu, Sumanggar Siagian kepada wartawan menyampaikan, penangkapan tersangka dipimpin langsung Asintel Kejatisu, Leo Simanjuntak di Hotel Grand Darussalam pada Minggu (22/7/2018) sekitar pukul 07.30 Wib.

Dijelaskan Sumanggar, penangkapan ini setelah pihaknya mendapatkan informasi warga tentang keberadaan pelaku yang kini beralih profesi sebagai supir rental. Masih dalam kasus ini tersangka merupakan rekanan dari Dinas Pendidikan Kota Binjai yang kala itu dipimpin Plt Kadis Pendidikan Binjai Ismail Ginting dan PPK pengadaan alat peraga di Dinas Pendidikan Binjai, Bagus Bangun.

Lebih lanjut Sumanggar menyatakan, Ismail Ginting yang kini menjabat Kaban Penanaman dan Perizinan Kota Binjai dan Bagus Bangun juga telah ditetapkan sebagai tersangka.

Sementara itu, Kajari Binjai Anthonius Saragih menyebutkan kerugian negara akibat perbuatan tersangka berkisar Rp 800 juta, sebab dalam pengerjaan tersebut sebagian besar tidak sesuai dengan perencanaan.(*)