Fakultas Hukum UMSU Lepas 432 Mahasiswa untuk Kegiatan Penyuluhan Hukum

KABARHUKUM-Medan | Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FH UMSU) melepas 432 mahasiswanya untuk mengikuti Kegiatan Kemahiran Hukum IV Penyuluhan Hukum (BBH) TA 2018/2019.

Acara pelepasan yang digelar di Pelataran Kampus Utama UMSU Jl. Kapten Mukhtar Basri Medan (11/8/2018) ini dibuka oleh Dekan FH UMSU Ida Hanifah SH MH.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I UMSU Dr Muhammad Arifin Gultom SH MHum, Sekretaris Universitas Gunawan SPdI MTH dab Alumni FH UMSU yang juga Calon DPDRI Sumut Dr Abdul Hakim Siagian SH MHum.

Dalm sambutannya, Dekan FH UMSU Ida Hanifah SH MHum menjelaskan, bahwa kegiatan kali i ini mengambil tema “Dampak Hukum Penyalahgunaan Narkotika” yang diikuti oleh 432 orang mahasiswa yang tersebar pada 146 kelompok.

Kegiatan ini terbagi dalam 2 gelombang ini , yakni gelombang I terdiri dari Kelompok 1 sampai dengan 72. Sedangkan Gelombang II terdiri dari kelompok 73 sampai dengan 146. “Adapun daerah pelaksanaannya di sekolah-sekolah dan sejumlah instansi yang terdapat di Medan, Binjai, dan Deli Serdang,” jelasnya.

Kepada seluruh peserta, Ida mengingatkan supaya nanti sebelum terjun ke lokasi supaya menyiapkan diri semaksimal mungkin, terutama terkait pengetahuan. “Jangan nanti sampai para mahasiswa tak menguasai materi ketika ada pertanyaan,” pesannya.

Sementara itu dalam sambutannya WR I Dr. Muhammad Arifin Gultom SH MHum mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini sangat penting dan strategis. “Kalau ini kemudian berjalan efektif, tentu ini hal luar biasa potensial menggerakkan sekolah-sekolah dan masyarakat untuk mengingat UMSU umumnya dan Fakultas Hukum khususnya,” kata.

Ia juga turut mengingatkan para peserta penyuluhan untuk mempersiapkan diri terkait penngetahuan dan kedisiplinan sebagai cerminan dari citra mahasiswa UMSU yang Unggul, Cerdas dan Terpercaya. “Jaga nama baik fakultas dan universitas,” ujarnya.

Sedengkan sebelumnya, alumni FH UMSU Dr Abdul Hakim Siagian SH MHum (AHS) berkesempatan mengungkapkan dukungannya terhadap pelaksanaan program penyuluhan hukum ini.

“Tunjukkan bahwa kita sudah akreditasi A lewat sikap dan pengetahuan kita, sehingga masyarakat percaya bahwa Fakultas Hukum UMSU itu akreditasinya A,” pesan Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumut ini.

Sebagai wujud keseriusannya mendukung program ini, calon DPD RI dari Daerah Pemilihan Sumut pada Pemilu 2019 ini juga menyempatkan memberikan bimbingan simulasi kepada mahasiswa terkait bagaimana memantapkan wawasan akademis sebagai bekal sebelum terjun langsung ke lapagan memberikan penyuluhan. (*)

ARTIKEL TERKAIT