Gandeng Balitbang dan DRD Sumut, UMSU Komit Kembangkan Dunia Riset

KABARHUKUM-Medan | Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjalin  kerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pemeritah Provinsi Sumatera Utara (Balitbang Sumut)  dan Dewan Riset Daerah Sumatera Utara (DRD Sumut).

Komitmen kerjasama ini dikukuhkan melalui penandatangan Memorandum fo Understanding (MoU) oleh Rektor UMSU Dr Agussani MAP, Kepala Balitbang Sumut Dr Ir HMA Effendy Pohan Msi dan Ketua DRD Sumut Prof. Dr. Harmein Nasution MSIE PhD. Penandatangan MoU digelar di Ruang Aula Pascasarjana UMSU Jl Denai No 217 Medan, Selasa (14/8/2018).

Dalam sambutannya Rektor UMSU Dr Agussani MAP mengatakan, bahwa dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi dewasa ini tidak cukup hanya sebatas melaksanakan proses pembelajaran klasikal semata, tapi harus ada kejelasan output yang dihasilkannya.

Dari itu, kata Agussani, UMSU berkomitmen untuk maksimal mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi  yang salahsatu pilarnya adalah bidang “Penelitian dan pengembangan”.

Ia mengungkapkan, beberapa tahun terakhir ini UMSU telah membuktikan komitmennya, terutama dengan membuat kebijakan konkrit dan pengalokasian dana yang maksimal untuk mendukung pengembangan riset ini. “Bahkan sesuai amanat Majlis Dikti Litbang PP Muhammadiyah  setiap PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah-red) itu wajib mengalokasikan anggarannya sebesar 5 % untuk penelitian dan pengembangan.  Maka dari itu tahun ajaran ini UMSU mengalokasikan 2 milyar rupiah untuk pengembangan riset,” jelasnya.

Berangkat dari hal inilah , Agussani menegaskan pihaknya sangat membuka diri dan antusias melakukan pelbagai bentuk kerjasama terkait pengembangan riset tersebut, termasuk dengan Balitbang Sumut dan Dewan Riset Daerah Sumut. “Mudah-mudahan dengan jalinan kerjasama ini kita mampu bersinergi untuk membangun semangat bersama mengembangan dunia riset, khususnya di daerah yang kita cintai ini,” katanya.

Sementara itu, , Kepala Balitbang Sumut Dr Ir HMA Effendy Pohan Msi menyambutbaik dan mengapresiasi kerjasama ini. Ia berharap, kedepan kerjasama ini tidak cuma berhenti di atas kertas dan acara serimonial saja. “Tapi juga harus bisa direalisasikan dalam program-program nyata sehingga kontribusinya nantinya dapat langsung diaplikasikan dalam kebijakan daerah dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” harapnya.

Effendy mengatakan, sejauh ini sudah ada perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan institusi yang dipimpinnya. “Kita sangat menyadari, keberadaan perguruan tinggi dalam dunia penelitian itu sangat vital dan strategis. Perguruan Tinggi adalah dapurnya dunia riset,” ujar Effendy.

Sedangkan Ketua DRD Sumut Prof. Dr. Harmein Nasution MSIE PhD dalam sambutannya mengatakan, bahwa Perguruan Tinggi yang dikelola oleh organisasi Muhammadiyah sudah tidak perlu diragukan kredibilitas dan kualitasnya. Ia mengungkapkan, selama ini keberadaan PTM dalam dunia pendidikan nasional cukup berperan.

“Karena itu, adalah sebuah kehormatan bagi kita bisa menjalin kerjasama ini dan kita optimis akan bisa membawa manfaat bagi kemajuan dunia penelitian di Sumatera Utara,” sebut Harmein.

Dalam acara ini tampak hadir WR I UMSU Dr Muhammad Arifin SH MHum, WR III Dr Rudianto Msi, Sekretaris Universitas Gunawan SPdi MTH, Direktur pascasarjana Umsu Dr Syaful Bahri MAP dan puluhan civitas akdemika lainnya. (*)

ARTIKEL TERKAIT