Gelar Rapat Yankomas, Kanwil Kemenkumham Sumut Capai Kesepakatan Ini

KABARHUKUM-Medan | Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemenkumham Sumut) menggelar rapat Layanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas), Jumat (24/08/2018).

Kegiatan Yankomas merupakan bentuk layanan pemerintah yang diberikan secara gratis terhadap permasalahan masyarakat. Rapat koordinasi ini bukan untuk mencari siapa yang benar atau siapa yang salah, namun untuk mengkoordinasikan dan klarifikasi serta mencari win win solution terhadap penyelesaian permasalahan masyarakat.

Pada rapat kali ini, tiga permasalahan dibahas diantaranya dugaan terjadinya human trafficking, penunggakan administrasi sekolah kejuruan selama 3 tahun dan pemukulan oleh oknum polisi sabhara pada saat proses lidik.

Turut hadir kabagops polrestabes medan, kasat sabhara polrestabes medan, bagian hukum polrestabes medan, bagian hukum polres simalungun, pimpinan PKPA, sekretaris yayasan pendidikan Bunaya, kabag kurikulum SMK Dharma Analitika Medan, para pelapor dan di pandu oleh Kabid HAM (Teti Winarti) dan Kasubbid Pelayanan, Pengkajian dan Informasi HAM (Flora Nainggolan).

Rapat Yankomas kali ini berjalan sangat antusias dan menyepakati 3 rekomendasi yang pada prinsipnya memastikan percepatan penyelesaian permasalahan sebagai bentuk perwujudan perlindungan HAM di Sumatera Utara.(*)

ARTIKEL TERKAIT