Gandeng PERADI dan DPC IKADIN Medan, FH UMSU Gelar PKPA Angkatan ke-IV

KABARHUKUM-Medan | Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FH UMSU) bekerjasama dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) dan Persatuan Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Advokat Indonesia (DPC IKADIN) Medan menggelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan ke-IV di Hotel Polonia Medan, Jum’at (7/9/2018).

Dalam acara pembukaan kegiatan tersebut, hadir dari FH UMSU WD I Faisal SH MHum dan Ketua DPC IKADIN Medan Dr Azwi Agus SH MHum.




Dalam sambutannya ketika membuka acara tersebut, WD I FH UMSU Faisal SH MHum mengatakan, PKPA adalah pendidikan profesi sebagai salah satu satu syarat untuk menjadi Advokat. “PKPA ini bertujuan untuk menciptakan advokat-advokat yang berperilaku baik, jujur, bertanggungjawab, adil dan mempunyai integritas yang tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penyelenggaraan Pendidikan Khusus Profesi Advokat mengacu pada pasal 2 ayat (1) UU No. 18 tahun 2003 Tentang Advokat.  “Pasal itu berbunyi, yang dapat diangkat sebagai Advokat adalah sarjana yang berlatar belakang pendidikan tinggi hukum dan setelah mengikuti pendidikan khusus profesi Advokat yang dilaksanakan oleh Organisasi Advokat” jelasnya.

WD I FH UMSU Faisal SH MHum menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara PKPA Angkatan ke-IV di Hotel Polonia Medan, Jum’at (7/9/2018)

PKPA Angkatan ke IV kali ini diikuti oleh sekitar 30 peserta yang merupakan lulusan Fakultas Hukum dari sejumlah Perguan Tinggi yang ada di Sumatera Utara.

Format PKPA dilaksanakan dengan masa studi 60 jam. Pada masa akhir studi dilakukan evaluasi untuk menilai apakah peserta didik memenuhi syarat untuk mengikuti Ujian Profesi Advokat. Dan bagi yang memenuhi syarat akan diberikan sertifikat dengan status berhak mengikuti ujian profesi advokat. (*)

ARTIKEL TERKAIT