Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Rapat Harmonisasi/Sinkronisasi 4 Raperda Kab Padang Lawas

Rapat Harmonisasi/Sinkronisasi 4 Raperda Kab Padang Lawas di Sibuhuan, 6 September 2018.

KABARHUKUM-Medan | Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menggelar Rapat harmonisasi/sinkronisasi 4 rancangan perda Kabupaten Padang Lawas. Acara ini dilaksanakan di Sibuhuan, Padang Lawas pada tanggal 6 September 2018.




Kegiatan yang dipimpin oleh Plt Kepala Bagian Hukum dan dihadiri oleh Tim Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, yaitu: Budi S.P. Nababan, Rahmayani Saragih, Rossyedi M.D. Hutabalian; Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan; Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Kepala Subbagian Perundang-undangan Sekretariat DPRD Kabupaten Padang Lawas; Kepala Bidang Sosial BAPPEDA; Kepala Bidang Perhubungan; perwakilan Dinas Kesehatan; dan perwakilan BAZNAS Kabupaten Padang Lawas.

Adapun pembahasan rapat tersebut adalah: (1) rancangan perda tentang penyelenggaraan perhubungan; 2) rancangan perda tentang kawasan tanpa asap rokok; (3) rancangan perda tentang penanggulangan bencana; dan (4) rancangan perda tentang pengelolaan zakat.

Berdasarkan rapat tersebut disimpulkan jika:

  1. Rancangan Perda poin 1 s/d 3 merupakan kewenangan daerah untuk mengaturnya dalam bentuk perda.
  2. Rancangan Perda poin 4 bukan merupakan kewenangan daerah untuk mengaturnya, melainkan kewenangan Pusat yang sudah jelas diatur dalam UU hingga juknisnya.
  3. Perumusan norma dalam rancangan perda poin 1 s/d 3 oleh Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten Padang Lawas meminta saran perbaikan oleh Tim Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara sesuai dengan Lampiran II UU No12/2011.

ARTIKEL TERKAIT