Akhlak dan Argumentasi adalah Pilar Utama Pembangunan Hukum

Dr Abdul Hakim Siagian SH MHum bersama peserta PKPA angkatan V.

KABARHUKUM-Medan | Pakar hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Abdul Hakim Siagian SH MHum mengatakan, bahwa hukum itu wajib dibangun dari dan berdasar akhlak dan adab, demikian juga menegakkannya.

Hal itu diutarakannya kepada para peserta Pendidikan Khusus Profesi Advokad (PKPA) Angkatan ke V yang diadakan Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Medan bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) di Aula Fakulatas Hukum USU, Jl Dr Mansyur Medan, Jum’at (5/10/2018)

Menurut Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumut ini, argumentasi merupakan keharusan sebagai dalil dengan pijakan logika/akal sehat, ketajaman nalar dengan rujukan teori, tesis, doktrin yang up date.

Karenanya, kata Hakim, dalam pembentukan hukum  naskah akademis merupakan sebuah keharusan,  baik dari sisi filsafat, sosiologis-empiris dan juridis. “Dan argumentasi merupakan pilar utamanya,” ujar  advokadt yang maju sebagai Calon Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) dari Dapil Sumut pada Pemilu 2019 ini.

Sebegitu pentingnya, lanjut Hakim, dalam penegakan hukum bahkan argumentasi itulah sebagai aksioma yang didukung oleh fakta dan bukti untuk menghukum atau membebaskan seseorang. “Jadi perannya sangat strategis,” katanya. (*)

 

 

ARTIKEL TERKAIT