FOKAL IMM Sumut Pertanyakan Kelanjutan Pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah

Acara peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumut di Jalan SM Raja Medan, Ahad (29/4/2018)

KABARHUKUM-Medan | Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (FOKAL  IMM) Sumatera Utara mempertanyakan tentang progres kelanjutan rencana pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumut  yang terletak  di Jalan SM Raja No 136 Medan.

“Terus terang kita merasa heran, ada apa dengan rencana pembangunan Gedung Dakwah PWM SU itu ?,” ujar Sahlan Marpaung, Ketua Korwil FOKAL IMM Sumut di Medan, Ahad (25/11/2018).

Pada hal, kata Sahlan,  terkait rencana pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumut, sejauh ini telah dibentuk kepanitiaan yang sudah bergerak melakukan roadshow ke berbagai instansi dan isntitusi.

Ketua FOKAL IMM Sumut menyerahkan cideramata kepada Ketua PW Muammadiyah Sumut Prof Dr Hasyimsyah Nasution yg juga sebagai Dewan pembina FOKAL IMM Sumut dlm acara Silaturrahim Syawal 1439 H di sekretariat Koorwil Fokal IMM Sumut pada bulan Juli 2018.

Dan pada akhir bulan April 2018 juga telah digelar acara peletakan batu pertama  (groundbreaking)  yang cukup meriah yang  dihadiri oleh sejumlah pejabat  tinggi di sumut serta disaksikan seluruh Pimpinan Daerah Muhammadiyah/’Aisyiyah se-Sumut. Dalam acara itu telah dilakukan acara pengumpulan dana untuk  menyukseskan pembangunan proyek Gedung Dakwah tersebut.

“Tetapi  kenapa  sampai sekarang hal itu terkesan jadi diam dan seolah tak ditindak lanjuti ? Apa yang sebenarnya yang terjadi  ? ” tanya Sahlan.

Sahlan berharap, PW Muhammadiyah Sumut bisa segera menjelaskan hal ini kepada publik, terutama kepada  warga persyarikatan yang terlanjur memiliki harapan besar memiliki Gedung Dakwah yang representatif  seperti yang direncanakan dan digadang-gadang selama ini.

Menurutnya, sebaiknya PWM Sumut segera membuat surat edaran tentang  rencana dan jadwal yang pasti terkait pembangunan Gedung Dakwah tersebut. “Jangan biarkan ketidakjelasan ini berlarut-larut. Sampaikan saja duduk persoalan sebenarnya, agar masyarakat dan warga persyarikatan tidak menduga-duga apa sebenarnya yang telah terjadi,” kata Sahlan.

Lebih lanjut Sahlan menyebutkan, terkait  persoalan ini sudah banyak rumor yang berkembang di kalangan warga persyarikatan. “Tentunya ini perlu diklarifikasi secepatnya oleh PW Muhammadiyah Sumut,” jelasnya.

Sebenarnya, kata Sahlan, terkait pembangunan Gedung Dakwah ini dalam acara Silaturrahin Syawal Korwil  FOKAL IMM Sumut beberapa bulan lalu, secara langsung sudah dimintai penjelasan kepada ayahanda ketua PWM Sumut Prof Dr  Hasyimsah Nasution MA. “Tapi kenapa  sampai sekarang seperti tidak ada perkembangannya ?,” tanya Sahlan.

Sahlan sangat berharap, proyek pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumut  yang direncanakan 9 tingkat  dengan perkiraan akan  menelan biaya Rp 70 miliar lebih itu bisa terus dilanjutkan secara transparan. Intinya, bagaimana soal pembangunan gedung dakwah ini bisa segera diwujudkan dalam waktu sesegera mungkin. “Kalau memang kepanitiaan harus dirombak, ya dirombak saja,” pungkasnya. (*)

 

ARTIKEL TERKAIT