Menteri BUMN Rini Soemarno Warga Negara Amerika?

Rini Soemarno dan Jokowi
Rini Soemarno dan Jokowi

KABARHUKUM-Jakarta | Menneg BUMN disinyalir berdwi-kewarganegaraan. Karena Amerika Serikat (AS) menganut paham kelahiran berdasarkan tempat, Rini yang lahir di AS pun ditengarai masih mengantongi WN AS.

Anggota Komisi III DPR RI dari PDIP, Masinton Pasaribu menyatakan, Presiden Jokowi harus segera bersikap atas kewarganegaraan ganda yang dimiliki oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno.

“Presiden harus bersikap karena negara kecolongan. Harus dievaluasi, ya digantilah,” kata Masinton di Jakarta, Senin (29/06/2015).

Katanya, dalam UU, seorang pejabat negara tidak boleh memiliki kewarganegaraan ganda. “Tidak boleh warganegara ganda karena loyalitasnya harus tunggal, harus ke NKRI,” sebut dia.

Dengan kejadian ini dan Rini sudah dua kali menjadi Menteri, maka negara kecolongan. “Negara kecolongan karena itu seharusnya BIN sudah menverifikasi status kewarganegaraan Rini sejak awal. Rini sudah dua kali jadi menteri, yang kecolongan BIN,” kata Masinton.

Rini Mariani Soemarno atau biasa dikenal Rini Soemarno diketahui lahir di Maryland, Amerika Serikat, 9 Juni 1958. Amerika Serikat adalah penganut prinsip kewarganegaraan ius soli, yakni hak kewarganegaraan individu berdasarkan wilayah tempat dia dilahirkan. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*