Pendaftaran Capim KPK Ditutup

Ketua Pansel Pimpinan KPK Destry Damayanti (tengah), Juru Bicara Pansel Betti Alisjahbana (ketiga kanan) dan lima anggota Pansel Natalia Subagyo (kedua kanan), Meutia Ganie-Rochman (kanan), Yenti Garnasih (kedua kiri), Diani Sadiawati (kiri) dan Harkristuti Harkrisnowo (ketiga kiri) berfoto bersama usai memberikan keterangan pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Selasa (23/6). Pansel Pimpinan KPK memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran calon pimpinan KPK 2015-2019 hingga 3 Juli pukul 12.00 WIB. Pansel Pimpinan KPK memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran calon pimpinan KPK 2015-2019 hingga 3 Juli pukul 12.00 WIB. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/Rei/foc/15.
Ketua Pansel Pimpinan KPK Destry Damayanti (tengah), Juru Bicara Pansel Betti Alisjahbana (ketiga kanan) dan lima anggota Pansel Natalia Subagyo (kedua kanan), Meutia Ganie-Rochman (kanan), Yenti Garnasih (kedua kiri), Diani Sadiawati (kiri) dan Harkristuti Harkrisnowo (ketiga kiri) berfoto bersama usai memberikan keterangan pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta, beberapa waktu lalu.

KABARHUKUM-Jakarta| Tahapan pendaftaran calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi berakhir pada Jumat (3/7/2015) pukul 12.00 WIB. Panitia seleksi akan segera merekapitulasi berkas para pendaftar dan mengumumkan 200 calon yang lolos seleksi administrasi, Sabtu (4/7/2015).

“Hari ini sudah selesai, tapi belum ada update berapa jumlahnya karena masih direkap oleh tim,” ujar Juru bicara Pansel KPK Betti S Alisjahbana di kantor Sekretariat Negara, Jumat siang.

Betti mengatakan, proses rekapitulasi hari ini akan berlangsung cukup lama. Pasalnya, panitia harus menghimpun seluruh data pendaftar yang masuk melalui jalur penyerahan berkas langsung, surat elektronik, hingga pos.

“Untuk yang pos, kami akan berpatokan pada tanggal cap pos kalau misalnya telat sampai,” ucap Betti.

Hingga Kamis (2/7/2015) sore, Betti mengungkapkan, ada 538 orang pendaftar capim KPK. Jumlah itu bertambah banyak lantaran untuk pendaftaran melalui surat elektronik saja, jumlahnya bertambah 20 orang.

Setelah direkapitulasi, pansel akan mengumumkan pendaftar yang lolos seleksi capim KPK tahap I esok hari.

“Besok pukul 14.00 WIB yang akan diumumkan adalah short list. Jumlahnya diperkirakan maksimal 200 orang, tidak lebih dari itu,” ujar Betti.

Pada hari ini, sejumlah tokoh menyampaikan berkas pendaftarannya kepada Pansel seperti Wakil Ketua sementara KPK Johan Budi yang menugaskan perwakilannya untuk menyerahkan berkas. Ada pula Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

 

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda