PLN Janji Bangun Konstruksi PLTA Asahan III Dimulai Akhir 2015

KABARHUKUM-Medan | PT PLN Persero optimis pada akhir 2015 mendatang pembangunan kontruksi PLTA Asahan III akan mulai dilaksanakan. Hal ini terungkap saat konfrensi pers di Ruang Melati, lantai 8 Kantor Gubernur Sumut oleh Direktur PT PLN, Nasri Sebayang dihadapan Wakil Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi, Rabu (8/7/2015).
asahan
“Kita optimis pembangunan kontruksi PLTA Asahan 3 akan dilakukan di akhir 2015 ini,” ujarnya.

Saat ini, pihak PLN masih menunggu surat dari Kementerian Kehutanan guna mendapat izin pakai kawasan hutan tempat pembangunan tersebut, tepatnya di Kabupaten Tobasa. Kesulitan dalam mendapatkan izin dari Kemenhut, membuat PLN dan Pemprovsu harus mendesak, sehingga Kemenhut berjanji akan mengeluarkan izin pada 25 Juni lalu.

Tambah Nasri, selain hal diatas, alokasi dana yang mencukupi juga mendukung pihaknya guna melaksanakan pembangunan PLTA nantinya. Dengan kepastian tersedianya dana itu, maka pihaknya sudah dapat melakukan berbagai persiapan seperti penandatangan kontrak kerja, pelelangan, dan lainnya.

“Jadi selain soal keluarnya surat dari Kemenhut terkait izin pemakaian kawasan hutan, soal ketersediaan dana juga menjadi salah satu faktor keoptimisan kita,” ucapnya.

Jika pengerjaan PLTA dimulai akhir tahun ini, sambungnya, maka masyarakat Sumut akan mendapat ekstra daya listrik sebesar 164 megawatt pada Tahun 2019 mendatang.

“Selain itu, nantinya dengan beroperasinya PLTA III tersebut, maka secara otomatis akan menambah pasokan daya listrik cadangan di Sumut sebesar 164 Megawatt,” tandasnya.  (*)

————–
Laporan: Dhabit Barkah Siregar

ARTIKEL TERKAIT

One Thought to “PLN Janji Bangun Konstruksi PLTA Asahan III Dimulai Akhir 2015”

  1. wendy gunadi

    Kami rakyat Bandar Pulo Kabupaten Asahan berharap proyek ini cepat dibangun akhir tahun ini karena sudah mangkrak selama 4 tahun izin kehutanan sudah keluar dananya dari JBIC sudah tersedia Kontraktornya Taisei sudah siap kerja jadi tunggu apalagi PLN jangan cerita doang kami sudah capek dengarnya………………

Komentar Anda