Seorang Napi Kabur dari LP Anak Medan

KABARHKUKUM-Medan | Pengawasan terhadap tahanan yang tidak seperti layaknya narapidana membuat seorang tahanan berhasil kabur dari pengawalan.

tj gustaInformasi yang berhasil diperoleh di lapangan menyebutkan tahanan tersebut merupakan tahanan jaksa terkait kasus narkoba, berinisial SD. Hal itu terjadi saat SD usai menjalani sidang, saat hendak dikembalikan ke Rutan dengan menggunakan mobil tahanan, SD berhasil melarikan diri saat diturunkan dari dalam mobil tahanan. Saat itu, ditengarai ada dua orang rekan SD yang sudah menunggunya di lokasi, kedua rekannya itu membantu SD kabur, namun salah seorang rekannya berhasil ditangkap. Hingga kini, petugas kepolisian masih berupaya memburu SD.

Kasat Reskrim Polresta Medan, Kompol Aldi Subartono saat dimintai konfirmasi seputar peristiwa tersebut menyebutkan bahwa SD bukan tahanan narkoba, melainkan tahanan kasus judi. “Kita back-up untuk pengejaran tersangka. Dan setahu saya itu tahanan kasus judi, bukan narkoba. Kalau saya nggak lupa, itu kasusnya dari Polres,” sebutnya.

Sementara saat awak media ini coba menyambangi Lapas Anak, para pegawai di sana memilih bungkam soal hal tersebut. Salah seorang pegawai mengatakan bahwa itu bukanlah tanggung jawab mereka.

“Itu bukan tanggung jawab kami, soalnya itu bukan tahanan kami. Kecuali kalau tersangkanya lari dari sel, barulah tanggung jawab kami,” sebutnya tanpa mau menyebutkan identitasnya.

Seorang pedagang rujak di depan LP Anak juga membenarkan kejadian tersebut. Wanita paruh baya berjilbab cokelat ini melihat dua orang pria yang menampung tersangka.
“Memang semalam ada lari pas (sewaktu) diturunkan dari mobil tahanan bang. Ada dua orang kawan dia yang nunggu dia di depan itu, tapi satu orang dapat,” sebut wanita yang tidak mau menyebutkan namanya ini. (*)

—————————–
Laporan: Adek Siahaan

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda