Hadapi Idul Fitri 2015, Poldasu Siagakan 4.604 Personil

KABARHUKUM-Medan | Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) menggelar Operasi Ketupat Toba (OKT) yang akan dilaksanakan pada 10-25 Juli 2015 mendatang.

polisiKegiatan tersebut bertujuan untuk pengamanan selama berlangsungnya hari raya Idul Fitri 1436 H, demi menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Poldasu.

Lewat rilisnya, Poldasu mengumumkan, “Pelaksanaan Operasi Ketupat Toba-2015, dilaksanakan terhitung mulai tanggal 10 Juli 2015 s/d 25 Juli 2015. Didukung instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya yang mengedepankan fungsi premitif, preventif dan represif, yang didukung dengan kegiatan kuratif dan rehabilitasi dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1436 H, guja mewujudkan¬† Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polda Sumatera Utara”.

Operasi tersebut melibatkan 4.604 personil yang terdiri dari Satuan Petugas (Satgas) Polda sebanyak 588 personil dan Satgas Daerah Prioritas I sebanyak 3666 personil, juga Satgas Daerah II sebanyak 350 personil yang tergabung dalam Satgas Jajaran Polres sebanyak 4016 personil.

“Ada ribuan personil yang kami libatkan dalam operasi ini,” terang Humas Poldasu, Kombes Pol Helfi Assegaf dalam jumpa pers menghadapi kesiapan Hari Raya Idul fitri 1436 H, di Aula Dinas Komunikasi dan Informastika Provinsi Sumatera Utara, Senin (13/7/2015) pagi.

Dalam operasi ini, Poldasu juga membagi lokasi yang masuk dalam 15 titik pengamanan seperti terminal, pelabuhan, bandara, tempat peribadatan (mesjid/mushola), jalur transportasi utama dan alternatif antar kota maupun provinsi, Lapangan atau mesjid yang digunakan sholat Idul Fitri, pemukiman penduduk yang ditinggalkan pebghuninya, tempat wisata, pusat perbelanjaan, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), gudang sembako, lokasi ziarah/pemakaman umum, gedung pemerintahan, daerah rawan kejahatan, lokasi rawan penjualan petasan, perusahaan swasta dan penginapan umum.

Ada pun 27 Kepolisian Resor kota yang terlibat dalam operasi ini, yakni Polresta Medan, Polres Belawan, Polres Binjai Polres Deli Serdang, Polres Langkat, Polres Tanah Karo, Polres Sergai, Polres Tebing Tinggi, Polres Asahan, Polres Siantar, Polres Simalungun, Polres Samosir, Polres Tobasa, Polres Humbahas, Polres P Sidempuan, Polres Tapsel, Polres Tapteng, Polres Taput, Polres Sibolga, Polres Tanjung Balai, Polres Labuhan Batu, Polres Dairi, Polres Pakpak Bharat, Polres Madina, Polres Nias, Polres Nisel dan Polres Batubara. (*)

—————–
Laporan: Dhabit Barkah Siregar

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda