Alexander Marwata, Capim KPK yang Sempat Disebut Tak Paham Dakwaan KPK

KABARHUKUM-Jakarta|Alexander Marwata adalah calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)adalah seorang Hakim ad hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.Dia alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

marwata 1
Alexander Marwata, capim KPK (tribun)

Alexander sempat menjadi sorotan dalam seleksi calon pimpinan (capim) jilid IV kali ini.Pasalnya, Alexender beberapa kali memiliki pendapat berbeda atau dissenting opinion saat memvonis terdakwa tindak pidana korupsi alias koruptor.

Apalagi menurutnya, dalam perkara korupsi yang ia tangani, banyak surat dakwaan yang terkesan disusun asal-asalan. Ia menilai para penyidik seakan hanya kejar setoran.

“Kalau dakwaan dibuat asal-asalan dengan pembuktian tidak profesional, terus nanti hakimnya ada mindset, seolah KPK tidak pernah salah, itu menurut saya justru jadi bumerang,” ujarnya.

Namun Plt Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Aji menyebut bahwa kritikan Alexander wajar saja. Menurut Indriyanto, hakim ad hoc harus lebih beradaptasi dalam hal masalah dakwaan dan putusan.

“Jadi kritikannya adalah wajar terhadap ketidakpahamannya atau kompleksitas bentuk-bentuk surat dakwaan,” imbuh Indriyanto.

Menurut Alex, pengalamannya selama 4 tahun sebagai hakim Tipikor dan sekitar 20 tahun sebagai auditor sangat berharga jika ia nanti terpilih sebagai pimpinan KPK.


Editor: Maestro Sihaloho

ARTIKEL TERKAIT

2 Thoughts to “Alexander Marwata, Capim KPK yang Sempat Disebut Tak Paham Dakwaan KPK”

  1. […] “Kalau dakwaan dibuat asal-asalan dengan pembuktian tidak profesional, terus nanti hakimnya ada mindset, seolah KPK tidak pernah salah, itu menurut saya justru jadi bumerang,” ujar Alexander, seperti dilansir kabarhukum. […]

  2. […] “Kalau dakwaan dibuat asal-asalan dengan pembuktian tidak profesional, terus nanti hakimnya ada mindset, seolah KPK tidak pernah salah, itu menurut saya justru jadi bumerang,” ujar Alexander, seperti dilansir kabarhukum. […]

Komentar Anda