Polsek Patumbak Bekuk Bandit Bermodus Pinjam Kereta Korban

Pelaku curanmor ditangkap polisi. (foto: ilustrasi/mediamakassar)

KABARHUKUM-Medan | Polsek Patumbak bekuk tiga pelaku kejahatan pencurian kereta atau sepeda motor. Modus yang digunakan yaitu para pelaku pura-pura meminjam sepeda motor korbannya. Ketiga tersangka yang diamankan saat beraksi di wilayah Polsek Patumbak, yakni Morianto Waruwu (21), Ardiansyah alias Belok (34) dan Bambang Supriyanto (23) alias Ucok. Ketiganya diringkus dari lokasi yang berbeda.

Pelaku curanmor ditangkap polisi.  (foto: ilustrasi/mediamakassar)
Pelaku curanmor ditangkap polisi.
(foto: ilustrasi/mediamakassar)

Kapolsek Patumbak, AKP Wilson Bugner Pasaribu mengatakan, aksi pencurian yang dilakukan oleh para pelaku menggunakan modus operandi meminjam kereta para korbannya. “Ketiga pelaku beraksi dengan cara meminjam serta sampai merayu kepada korbannya. Tidak ada unsur kekerasan maupun hipnotis,” kata Wilson, Jum’at (4/9/2015) kemarin.

Diketahui dengan modus pergi ke ATM, Ardiansyah berpura-pura meminjam sepeda motor korban yang tidak dikenalnya. Meski tidak kenal, pelaku berhasil memperdaya korban dan kemudian membawa kabur sepeda motor jenis Beat milik korban.

Pelaku akhirnya berhasil dibekuk pada Selasa (1/9/2015) lalu, dari Jalan Garu III, saat di warung internet Grasia, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Medan Amplas. Waktu penangkapan, sepeda motor Beat milik korban berhasil dibawa kabur oleh rekannya dan hingga kini masih dalam pengejaran.

Soal trik hipnotis yang digunakan pelaku, Ferry membantahnya. “Setelah penyidikan, kalau soal hipnotis dan kekerasan, pengakuan pelaku tidak tidak ada. Dan tidak ada tindak kekerasan kepada korban dengan senjata tajam,” jelas Fery.

Sementara Morianto Waruwu warga Nias yang merantau ke Medan diringkus satuan Polsek Patumbak karena telah melarikan sepeda motor Yamaha MX 6858 ADD milik rekannya, Maknus Tulusman. Morianto beraksi saat rekannya sedang tidur. Pascakejadian itu, setelah adanya laporan, Morianto diringkus di Jalan Pertahanan Gang Jore, Patumbak.

Sedangkan tersangka Bambang, diringkus di Jalan Kongsi Ujung, Desa Marindal I, Patumbak karena telah melakukan pencurian sepeda motor Supra X 125 milik Rezeki Fernando.

Kanit Reskrim Polsek Patumbak, Iptu Ferry Husnadi menjelaskan, awalnya dia meminta tolong minjam sepeda motor kepada korban untuk pergi ke lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM). “Bermodus minjam sepeda motor untuk pergi mau ngambil ATM, Bambang melarikan sepeda motor mantan majikannya,” jelas Fery Husnadi. (*)


laporan: HZ Sinaga

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda