Ingin Lebih Dekat dengan Mahasiswa, Kodam I/BB Gelar Pameran Alutsista di USU

Ilustrasi: Alutsista Kodam I Bukit Barisan (foto: kabarhukum.com | keamanan-global)

KABARHUKUM-Medan | Ada yang berbeda dari suasana halaman Gedung Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Medan kali ini. Halaman yang biasa digunakan untuk memajang karangan bunga itu, dipenuhi dengan berbagai Alat Untuk Sistem Pertahanan (Alutsista) milik TNI AD.  Hal itu merupakan bentuk dari kepedulian Kodam I/BB dalam memperkenalkan alutsista mereka kepada masyarakat Medan, khususnya mahasiswa USU, Kamis (10/9/2015).

Ilustrasi: Alutsista Kodam I Bukit Barisan (foto: kabarhukum.com | keamanan-global)
Ilustrasi: Alutsista Kodam I Bukit Barisan
(foto: kabarhukum.com | keamanan-global)

Seperti yang dikatakan Kasdam I/BB, Brigjen Cucu Soemantri, acara hari ini sebagai bentuk sosialisasi Kodam I/BB kepada mahasiswa dan memberi wawasan tentang Alutsista milik TNI AD khususnya. “Ini untuk mengenalkan lebih dekat kepada mahasiswa tentang Alutsista kita, dengan harapan bisa lebih dekat lagi masyarakat khususnya mahasiswa dengan TNI,” kata cucu kepada kabarhukum.com.

Soemantri, berniat¬† mendorong minat mahasiswa agar tertarik dan mau mengabdikan dirinya menjadi prajurit TNI. Tak hanya itu, jika mahasiswa tidak tertarik menjadi prajurit, Soemantri memberi opsi kepada mahasiswa yang ingin mengabdikan diri sebagai penemu alutsista terbarukan. “Mahasiswa bisa menjadi peneliti untuk pembuat alutsista TNI, karena banyak alutsista yang kita miliki sudah diproduksi oleh kita dan hasil penemuan anak bangsa,” tuturnya.

Didampingi Wakil rektor USU, Kasdam mengatakan, ke depan Indonesia harus lebih mandiri dalam menciptakan peralatan tempurnya. Ditanyai soal perbandingan alutsista Indonesia dengan negara Lain, Soemantri mengatakan, Indonesia masih memerlukan penambahan alutsista. “Tentunya masih memerlukan penambahan, dibandingkan negara tetangga kita sudah lebih baik lagi, sesuai luas wilayah kita,” tambahnya.

Dari pantauan kabarhukum.com di lokasi, stan milik masing-masing kesatuan yang ada dibawah naungan Kodam I/BB memamerkan peralatannya masing-masing kepada pengunjung. Mulai dari senjata laras panjang, peluru, peralatan penjinak bom, peralatan komunikasi, pakaian tempur, sampai peralatan masak dan logistik yang digunakan TNI.

Kodam I/BB juga akan melaksanakan kuliah umum pada, Jum’at (11/9/2015). Pangkostrad, Letjen Edy Rahmayadi akan hadir menjadi pemateri pada Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan yang akan diadakan di Auditorium USU. (*)


laporan: Dhabit Barkah Siregar

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda