Pameran Alutsista Kodam I/BB di USU: Panser Anoa Jadi Primadona

Ilustrasi: Alutsista Kodam I Bukit Barisan (foto: kabarhukum.com | keamanan-global)

KABARHUKUM-Medan | Biarpun didemo segelintir mahasiswa, namun pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alusista) yang digelar Kodam I/Bukit Barisan tetap menarik disinggahi. Di situ, Panser Anoa II milik Kodam I/BB agaknya menjadi primadona. Pengunjung yang kebanyakan mahasiswa rela mengantri demi menaiki kendaraan tempur buatan Pindad tersebut.

Ilustrasi: Alutsista Kodam I Bukit Barisan (foto: kabarhukum.com | keamanan-global)
Ilustrasi: Alutsista Kodam I Bukit Barisan
(foto: kabarhukum.com | keamanan-global)

Setidaknya, ada lima Panser Anoa milik Kodam I/BB yang dioperasikan pada pameran. Pengunjung naik ke atas kendaraan dan dibawa keliling kampus oleh kendaraan berkapasitas 12 orang tersebut.

Serka Cas Rokhim mengatakan, selain untuk kendaraan tempur biasanya Panser Anoa digunakan untuk pameran dan pengamanan tamu VVIP. “Namanya kita gak ada pertempuran, ya,h untuk pengamanan tamu VVIP, Presiden datang, KSAD,” katanya. Menurut dia, Panser Anoa juga digunakan oleh tentara perdamaian yang diberangkatkan ke Afrika.

Kodam sendiri tidak membawa tank mereka. Menurut Rokhim, tank akan merusak jalanan di kampus USU. “Takutnya tank bisa merusak jalan, kan pakai rantai,” katanya.

Tak hanya panser, Kodam I/BB juga memamerkan kendaraan seperti Jihandak, traktor, dan truck yang biasa digunakan membawa pasukan. Mahasiswa yang berada di lokasi tampak beberapa kali melakukan foto selfie didepan kendaraan tempur. Disebutkan, pameran ini diperintahkan langsung oleh Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rahmayadi. (*)


laporan: Bolang

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda