Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi Kuliahi Mahasiswa USU soal Wawasan Kebangsaan

Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi ketika berada di USU, Jumat (11/9/2015). (foto: bolang/ist)

KABARHUKUM-Medan | Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen TNI Edy Rahmayadi makin sering berbicara di kampus-kampus. Setelah memberikan kuliah umum bagi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah (UMSU) beberapa hari lalu, kini Letjen Edy berceramah di kampus Universitas Sumatera Utara (USU). Isinya masih sama, soal wawasan kebangsaan.

Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi ketika berada di USU, Jumat (11/9/2015).  (foto: bolang/ist)
Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi ketika berada di USU, Jumat (11/9/2015).
(foto: bolang/ist)

Edy juga tampak tetap komunikatif. Di sela-sela ceramahnya, dia bernyanyi dan mengajak mahasiswa untuk interaktif. Dikatakannya, kesetiaan kepada negara adalah kesetiaan tanpa batas dan penuh pengabdian.

Edy mengatakan, Indonesia adalah negara yang sangat spesial, hal itu ditunjukkan dengan posisi Indonesia dijepit oleh dua paham besar dunia, yakni Komunisme dan Liberalisme. Namun, Indonesia tidak terbawa arus kedua ideologi tersebut dan justru lebih menentukan ideologi sendiri, yakni Pancasila. “Pancasila sudah jelas mengatur dan merunut sistem berbangsa dan bernegara. Tidak ada tawar menawar bagi Pancasila,” ucapnya.

Letjen Edy menyampaikan bahwa Indonesia memiliki tujuan nasional dan sudah tersurat dalam pembukaan UUD tahun 1945.

Berbicara soal mahasiswa, Letjen Edy berpikir bahwa mahasiswa harus bisa berpikir nasional dan bisa beradaptasi dengan segala keadaan. Pemimpin masa depan yang dibutuhkan adalah pemimpin yang nasional dan bisa berbaur dengan segala karakter.

Sebelumnya, pejabat Rektor USU, Prof Subhilhar dalam sambutannya mengatakan, USU mengapresiasi kedatangan Kodam I/BB yang mau datang ke USU dan mengadakan pameran terkhusus kepada mahasiswa baru. Dikatakannya juga, USU mampu menghasilkan alumni yang berkarakter dan menjadi pioner terkhusus di Sumut.

Sehabis memberikan kata sambutan, Letjen Edy Rahmady diundang untuk menerima cinderamata dari USU. (*)


laporan: Bolang

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda