Wow…Canon Bakal Keluarin Kamera Beresolusi Hingga 120 Megapiksel

Prototipe kamera Canon Y038 dengan resolusi 120 megapiksel (foto: Photography Bay)

KABARHUKUM | Canon saat ini ternyata tengah menyiapkan kamera DSLR dengan resolusi yang bakal membuat kita melotot. Bagaimana mata kita tidak terbelalak, 120 megapiksel capaiannya, luarbiasa.

Seperti dilansir dari Photography Bay, Sabtu (12/9/2015), bahwa pada 10 September lalu dalam acara Canon Expo di New York, Amerika Serikat, Canon menunjukan sebuah prototipe kamera DSLR tipe Y038 yang sudah beresolusi 120 megapiksel.

Prototipe kamera Canon Y038 dengan resolusi 120 megapiksel (fotot: Photography Bay)
Prototipe kamera Canon Y038 dengan resolusi 120 megapiksel (foto: Photography Bay)

Dari acara itu, diketahui hasil dari kamera prototipe tersebut dengan format RAW yang ukurannya sebesar 210 MB untuk 1 foto. Foto dengan format RAW diketahui hasil fotonya tidak mengalami penurunan kualitas atau kompresi. Jadi jika pada umumnya foto dengan format JPG atau JPEG, foto tersebut sudah mengalami kompresi dari kualitasnya.

Untuk sensor pada kamera beresolusi 120 megapiksel ini sama dengan kamera Canon EOS 5Ds, yaitu APS-H. Namun pada Canon EOS 5Ds, hanya mampu menggambil gambar sampai dengan resolusi 50.6 megapiksel saja.

Bagi profesional, bila pakai kamera ini seperti ini dibutuhkan kartu memori berukuran besar, karena dengan ukuran file sebesar itu, kartu memori dengan kapasitas 32GB saja hanya mampu menampung sekitar 150 foto berformat RAW.(*)


 

editor: ki andang
sumber: beritateknologi

Komentar Anda