Aktivis Buruh: Sumut Darurat Korupsi!

Minggu Saragih SH, Ketua DPW FSPMI Sumut.

KABARHUKUM-Medan |Elemen pergerakan buruh Sumatera Utara mengingatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jangan hanya  lif Service dalam melakukan pemeriksaan.

Minggu Saragih SH, Ketua DPW FSPMI Sumut.
Minggu Saragih SH, Ketua Perwakilan Daerah Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Provinsi Sumut.

Demikan harapan yang disampaikan Ketua Perwakilan Daerah Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Provinsi Sumut Minggu Saragih SH terkait pemeriksaan anggota DPRD Sumut oleh  KPK hari ini di Mako Brimob Jalan Wahid Hasyim No 3, Medan, Sumatera Utara.

Minggu mengatakan, pihaknya berharap proses pemeriksaan ke 70 anggota DPRD Sumut berjalan transparan.

“Jika terbukti segera tetapkan jadi tersangka dan segera di tahan,” ujar Direktur LBH FSPMI Sumut yang sekarang sedang menempuh studi di pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ini.

Lebih lanjut, Minggu mengungkapkan bahwa kaum buruh Sumut sangat gerah dengan maraknya korupasi di daerah ini, baik itu yang dilakukan eksekulif, legislatif maupun yudikatif.

“Ini kondisi yang sangat memalukan dan memprihatinkan. Pantas sekarang Sumut dikategorikan darurat korupsi,” ujarnya kepada kabarhukum.com, Senin (14/9/2015).

Selain itu, dia juga menyayangkan ketatnya penjagaan proses pemeriksaan anggota DPRD Sumut oleh KPK di Mako Brimob hari ini. Menurutnya hal itu terlalu berlebihan. (Baca juga: KPK Periksa Anggota DPRDSU di Mako Brimob, Wartawan Dilarang Meliput)

Di era keterbukaan informasi publik saat ini seharusnya media di berikan akses yang luas untuk mengeksplorasi peristwa itu agar rakyat bisa mengetahui.

“Jika tertutup terkesan pemeriksaan hanya ecek-ecek dan tidak transparan,” pungkasnya.


Laporan: M. Risfan Sihaloho

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda