Putin Ingatkan ISIS Berencana Merebut Kota Suci Makkah dan Madinah

KABARHUKUM-Dushanbe |Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) memiliki rencana untuk mengambilalih kota-kota suci seperti Makkah, Madinah dan Yerusalem. Tak hanya itu, ISIS juga membahayakan Eropa dan Rusia, serta menyebarkan pengaruhnya di Asia.

putin
Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin. (mirror)

Demikian peringatan yang sampaikan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin eperti dilansir Russian Today, Selasa (15/9/2015)

Putin mengaku prihatin dengan militan ISIS yang kembali ke Uni Eropa, negara bekas Sovyet serta Rusia. Menurutnya, situasi ini sangat serius, dan Rusia khawatir ISIS juga mengumumkan rencana mereka terhadap Makkah, Madinah, dan Yerusalem.

“Ekstremis dari banyak negara di dunia, termasuk negara Eropa, Rusia, negara bekas Sovyet, melakukan pelatihan ideologis dan militer bersama ISIS. Ini tentu mengkhawatirkan jika mereka kembali,” ujar Putin saat berbicara di Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Perjanjian Keamanan Bersama (CSTO) di Dushanbe, Tajikistan.

Putin mengatakan, untuk memerangi ISIS perlu menyingkirkan ambisi geopolitik. Dunia internasional, kata dia, harus menggunakan akal sehatnya untuk keselamatan global dan regional.

Komunitas internasional perlu bersatu melawan ancaman tersebut. Rusia mendukung Pemerintah Suriah dalam memerangi terorisme.

“Kami memberikan dukungan teknis militer ke Damaskus dan akan terus melakukannya. Kami menyerukan negara lain untuk bergabung dengan kami dalam hal ini,” ujarnya.


Editor: M. Risfan Sihaloho

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda