Korupsi, Dirut PT Sergai Putra Dituntut 5 Tahun Divonis Hanya 1 Tahun Penjara

ilustrasi korupsi

KABARHUKUM-Medan | Direktur Utama PT Sergai Putra, Ali Ombo yang jadi terdakwa kasus korupsi pembangunan Jalan Sumatera-Tebing Tinggi senilai Rp 1 miliar dengan kerugian negara sebesar Rp 347 juta divonis penjara 1 tahun. Majelis hakim yang diketuai Robert Hendrik selain menghukum penjara juga medenda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan.

ilustrasi korupsi
ilustrasi korupsi

Dalam sidang yang digelar di Ruang Cakra II, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan, Ali Ombo dinilai hakim terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 3 jo pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Meski hanya divonis sedemikian, Ali melalui Penasehat Hukumnya, Mukhtar tetap menyatakan pikir-pikir. Sama halnya dengan Jaksa Penuntut Umum, Kanin yang pada pekan sebelumnya menuntut agar hakim menjatuhkan hukuman selama 5 tahun dan denda Rp 50 juta subsider 3 bulan kurungan. Jaksa menjerat Ali dengan Pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Bahkan di luar sidang, Mukhtar mengatakan, semestinya hakim memvonis bebas karena terdakwa tidak menikmati uang hasil korupsi. Menurutnya, dalam kasus ini seharusnya dilakukan pengembangan kepada pihak yang lain seperti Kepala Dinas PU Tebing Tinggi dan Pejabat Pembuat Komitmennya yang masih berstatus sebagai saksi. “Kita sudah
melaporkan mereka ke Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Poldasu) untuk dilakukan pengusutan lebih lanjut,” ungkapnya.(*)


editor: Ki Andang

 

ARTIKEL TERKAIT

One Thought to “Korupsi, Dirut PT Sergai Putra Dituntut 5 Tahun Divonis Hanya 1 Tahun Penjara”

  1. […] Kembali putusan ini, menambah daftar putusan rendah para hakim di PN Tipikor Medan setelah sebelumnya para jaksa menuntut cukup tinggi.(Baca juga: Korupsi, Dirut PT Sergai Putra Dituntut 5 Tahun Divonis Hanya 1 Tahun Penjara) […]

Komentar Anda